Mencicipi Mie Lendir Sarapan Pagi Khas Masyarakat Kepulauan Riau

- Jumat, 27 Januari 2023 | 12:08 WIB
Mencicipi sarapan pagi ala masyarakat tg pinang (Dewi purnamasari )
Mencicipi sarapan pagi ala masyarakat tg pinang (Dewi purnamasari )

HARIANMEMOKEPRI.COM-- Mie lendir adalah makanan khas dari Provinsi Kepulauan Riau dan Riau.

Ia merupakan salah satu makanan wajib yang kamu coba dan sudah menjadi sarapan pagi ala masyarakat kota Tanjung pinang sendiri.

kuah kental seperti lendir yang menjadikan mie ini begitu unik dan  sangat terkenal. Kuah kental ini terbuat dari kacang tanah yang digoreng, dan ubi jalar.

Baca Juga: Polres Karimun Ungkap Kasus Narkoba Sehari AKBP Ryky W Muharam Menjabat Kapolres

Rahasia keunikan terdapat pada ubi dan kacang yang dihaluskan terlebih dahulu sebelum ditumis dengan bumbu lainnya. mie lendir ini sama halnya dengan mie biasa, yaitu mie kuning

Nah, mie ini biasanya di jual di warung-warung makanan. makanan ini di sebut mie lendir karena kuah tersebut terlihat seperti lendir.

Bumbunya juga tidak terlalu banyak. Cukup dengan cabai merah, bawang putih, kencur, serai dan daun salam. Ketika semua dicampur dengan ubi dan kacang membuat rasa mie ini begitu sempurna.

Baca Juga: Walikota Tanjungpinang Serahkan Bantuan Kepada Ratusan Pelaku Usaha IKM dan UKM

Tidak lupa dengan sentuhan gula merah untuk memadu rasa pedas dan manis yang komplit.Untuk memberikan kuah kental bagai lendir, diberi sedikit tambahan tepung maizena.

Mie lendir ini merupakan Uniknya makanan khas Kepulauan Riau Mie Lendir pertama kali ini yang membuatnya adalah orang Jawa. Mie Lendir juga sangat terkenal di daerah Batam dan Tanjung Balai Karimun.

Editor: Dewi Purnamasari

Sumber: Facebook.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X