Yuk Kunjungi, Candi Rimbi atau Cungkup Pulo di Pulosari Jombang

candi rimbi di sore hari, 13/07/22 (foto : eliyas yahya/ jombang.harianmemokepri.com)
candi rimbi di sore hari, 13/07/22 (foto : eliyas yahya/ jombang.harianmemokepri.com)

Mistery — Menurut kisah, Candi Rimbi merupakan peninggalan agama Hindu, yang juga sebagai Candi Pendharmaan Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi ibunda dari Prabu Hayam Wuruk. Candi ini juga sering disebut Cungkup Pulo.

Nama Rimbi dikaitkan dengan nama tokoh pewayangan bernama Arimbi, isteri Werkudara atau yang lebih dikenal dengan nama Bima.

Candi Rimbi berlokasi di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.  Runtuhan Candi Rimbi pertama kali ditemukan oleh orang asing bernama Alfred Wallace, terletak di kaki Gunung Anjasmoro, berada diantara hunian penduduk.

BACA JUGA :  Upayakan Kembali Hak Milik Sertifikat Lahan, Sejumlah Warga Desa Linau Datangi Polres Lingga

Dikutip dari laman resmi Kabupaten Jombang dijelaskan bahwa Hampir sebagian besar bagian atasnya sudah hancur tetapi bagian bawahnya masih dalam kondisi baik dan dihias oleh gambar yang menyambung mengartikan sesuatu mengelilingi dinding luar.

Daya tarik Candi Rimbi adalah adanya panil-panil relief yang menghiasi dinding kaki. Panil-panil ini berisi cerita tentang binatang dan keagamaan. Namun, belum diketahui apa isi cerita relief tersebut.

Di dinding kaki sebelah utara terdapat terdapat 17 bidang relief. Salah satunya, relief sepasang pengantin yang berada di dalam tempayan (gentong).

BACA JUGA :  MSA Berhasil Ditangkap, Kini Muncul Lagi di Media Kasus Kejahatan Seksual JEP, Motivator Terkenal

Ada pula relief sepasang pria dan wanita. Sang pria sedang mencangkul, sedang yang wanita membawa payung. Di kaki sisi timur, juga dihiasi 17 bidang relief cerita binatang dan kegiatan keagamaan. Sedang di sisi selatan terdapat 8 buah bidang.

Jika kalian kesana, tempatnya sangat Indah dan sejuk, dengan dipenuhi pepohonan rindang, tepat parkirnya juga luas, terdapat juga toilet dan penjual makanan disekitar candi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.