Yonmarhanlan IV TPI Sosialisasi Pemahaman Gadai bersama Pergadaian

HarianMemoKepri.com, Tanjungpinang – Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang meggelar acara sosialisasi tentang pegadaian dari Kantor Pegadaian Tanjungpinang bertempat di Aula Yonmarhanlan IV Jl. Hang Tuah No. 3 Tanjungpinang Barat Kepulauan Riau, Kamis (29/03).

Tujuan digelarnya acara sosialisasi dari Kantor Pegadaian adalah dalam rangka HUT ke 116 Pegadaian, disamping itu untuk menambah pengetahuan dan merubah penilaian bahwa selama ini kantor pegadaian hanya untuk menggadaikan barang-barang.

Paparan sosialisasi ini dibawakan oleh Bapak Wendi Saputra sebagai Asisten Manager Penjualan Kantor Pegadaian Batam dimana kantor tersebut membawahi kantor cabang Kantor Pegadaian Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun dan Natuna.

Pada paparannya disampaikan bahwa Pegadaian adalah lembaga keuangan dibawah Pemerintah (BUMN). Pegadaian berdiri sejak tahun 1901 dengan nama Bank milik Belanda yaitu Bank Van Leening, berdasarkan keputusan Pemerintah Hindia Belanda No 131 tanggal 12 Maret 1901.

Lalu pada tanggal 01 April 1901 di Jawa Barat didirikan rumah gadai pemerintah dengan nama Jawatan Pegadaian. Selanjutnya pada setiap tanggal 01 April diperingati sebagai HUT Pegadaian.Sampai saat ini Pegadain adalah salah satu penghasil deviden terbasar bagi Negara Indonesia.

Lebih jauh disampaikan bahwa Kantor Pegadaian akan merubah penilaian, apabila kita ke Kantor Pegadaian selalu akan menggadaikan barang. Saat ini Kantor Pedaian memberikan beberapa program layanan pegadaian yang bermanfaat bagi masyarakat, karena sasaran Pegadaian adalah bagi masyarakat menengah kebawah.

Program layanan itu antara lain pembiayaan bagi yang mau berusaha kecil perlu modal, naik haji, kemudian arisan emas, tabungan emas untuk masa depan serta kredit emas.

Yang menarik pada program ini ada adalah tentang emas, yaitu diman kita dapat memiliki emas Antam dengan cara kredit dan angsuran yang sangat rendah, kemudian arisan emas secara berkelompok minimal 6 orang maksimal 12 orang dengan berat emas antara lain mulai dari 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram.

Pada program tabungan emas kita bisa menabung dengan uang tunai  yang kita tabung akan dikonverskan dengan nilai emas. Hal ini sangat berguna untuk tabungan jangka panjang bagi keperluan anak-anak sekolah pungkas.

Antusias dari segenap prajurit Yonmarhanlan IV dapat diliat pada sesi bertanya banyak yang bertanya dan setelah acara sosialisasi tersebut banyak yang berminat untuk menabung emas langsung dilayani oleh petugas Pegadaian di ruangan Aula Yonmarhanla IV.

Hadir pada acara tersebut Wadanyonmarhanlan IV Mayor Marinir Wira Dharma Lumban Gaol, Pasiops Kapten Marinir Maman Dicky Firmansyah, Pasiintel Kapten Marinir Saul Jamlaay, Danrai Arhanud Kapten Marinir Sjamsuri, Danton-Danton tiap kompi Lettu Mar Farid Yontu dan Letda Marinir Mohamad Hasyim Asyhari. (Red/Dispenmar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.