YBSI Peduli Seniman Jawa Timur pandemi Covid19

Seniman cilik mendaptakan santunan Jumat berkah
Seniman cilik mendapatkan santunan Jumat berkah

Harianmemokepri.com | Jawa Timur – Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) bergerak memberi perhatian pada  kalangan seniman Jawa Timuran yang terdampak Covid-19. Dikemas dengan kegiatan “Salam Jumat Berkah YBSI Peduli Seniman Jawa Timuran “,  dilaksanakan pembagian Bingkisan bagi Guru tari Jawa Timuran dan seniman cilik sanggar Putra Taman Hira di perumahan Sidoyoso 2 Surabaya, Jumat ( 13/11/2020).

Sugeng Rogo Wiyono (69 tahun), yang akrab di Pak Rogo mengungkapkan bahwa Sanggar Putra merupakan singkatan dari Putra Taman Hiburan Rakyat. Anggotanya terdiri dari anak anak eks ketoprak, wayang orang, ludruk yang dulu bermarkas di Taman Hiburan Rakyat kemudian tergusur.

Tujuan Sanggar Putra Taman Hira, selain untuk memobilisasi anak seniman agar tidak terpengaruh hal yang negatif, juga untuk mewadahi keinginan berkesenian anak anak, untuk belajar budaya Jawatimuran. Seperti Ludruk, ketoprak tarian Jawa Timur juga lawakan, termasuk Wayang Orang. Namun karena markas besar Putra Taman Hira sudah tergusur, maka proses latihan pun di lakukan di rumah warga. Salah Satu nya di jalan Sidoyoso 2 Surabaya.

Ketum YBSI Memberikan Motivasi dan semangat
Ketum YBSI Memberikan motivasi dan semangat

“Gerakan berkebudayaan dan seni daerah, di era pandemi memang semakin berat. Karena kita tidak bisa melakukan pagelaran dan “manggung”, secara bebas. Karena tidak ada ijin untuk berkerumun. Tapi itu tidak menyurutkan langkah kami untuk terus berlatih, agar budaya Jawa Timuran Tidak punah tergerus zaman,” kata Pak Rogo.

Untuk itu, dalam kondisi pandemi Covid 19, yang menyebabkan kondisi seniman Jawa Timuran serba memprihatinkan, maka perhatian dan kepedulian dari Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku(YBSI), menjadi penyemangat mereka. Lanjut penjelasan Pak Rogo.

Ketua Umum YBSI Virly Mavitasari Hisnindarsyah menjelaskan,”Program Jumat Berkah, adalah program rutin Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku yang dilaksanakan setiap minggu. Kali ini kami memilih komunitas seniman Jawa Timuran, karena menyadari bahwa saat pandemi ini para seniman kesulitan mencari nafkah. Karena terbatasnya pentas panggung indoor maupun outdoor. Termasuk perlunya menyemangati seniman cilik. Untuk itu, walau tidak banyak, YBSI memberikan tali asih pada putra putra serta guru Wayang Orang pada saat ini,” ucapnya.

Founder YBSI Kolonel Laut(K) DR(c). Dr. Hisnindarsyah SE M.Kes MH C.FEM, menyampaikan rasa syukur karena program YBSI dapat berjalan dengan lancar. Sekitar 30 paket nasi box dan 30 paket bingkisan, dibagikan pada anak anak seniman cilik dan guru yang hadir di kegiatan latihan tersebut, juga masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Bp Batam 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.