Mengenal Jenis dan Fungsi Tombak atau Serampang di Wilayah Pesisir Kepulauan

- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:52 WIB
Tombak atau serampang alat untuk menangkap udang, Selasa (24/01/2023) (Indrapriyadi )
Tombak atau serampang alat untuk menangkap udang, Selasa (24/01/2023) (Indrapriyadi )

HARIANMEMOKEPRI. COM -- Serampang atau tombak memiliki berbagai jenis dan fungsinya, baik untuk kegunaan di laut, lokasi sungai, maupun di rawa.

Bagi masyarakat di wilayah pesisir Kepulauan, tombak atau Serampang yang digunakan biasanya berukuran 1,5 mm, 2 mm, sampai 3 mm. Ukuran ini identik dengan tujuan atau target buruan dari jenis udang maupun ikan.

Bentuk dari serampang ini sendiri, tergantung dengan kebutuhan pengguna. Ada yang berbentuk seperti sapu dengan susunan mata kawat keras yang rapi dari bahan besi, bisa juga dengan kawat dari bahan stenlis yang tidak mudah lentur.

Baca Juga: Kisah Mistihs Penuh Misteri dengan 4 Karakter Makluk Halus Fiktif yang Menakutkan

Susunan Tombak atau Serampang udang ini terdiri dari 3, 5, bahkan 6 kawat runcing berbaris lurus, yang disatukan dengan menggunakan gam atau lem yang kuat, yang kemudian disambung dengan joran atau gagang berupa kayu yang berfungsi untuk memudahkan para penombak melakukan aksi berburu udang dengan jarak 1 meter atau lebih.

Sementara untuk jenis Serampang ikan, biasanya berukuran lebih besar dari Serampang yang digunakan untuk menombak udang. Karena yang kita ketahui bersama, ikan memiliki ukuran jauh lebih besar dibanding udang.

Untuk jenis kawat yang digunakan pun ukurannya tak hanya mampu untuk membunuh ikan, bahkan jenis hewan lain pun bisa saja na'as jika mengenai ujung mata tombak atau Serampang ikan ini sendiri.

Baca Juga: Udang Mudah didapatkan Dengan Cara Apa ?

Dengan memakai kawat besi atau stenlis berukuran 2 sampai 3 mm, atau bisa juga menggunakan mata pancing berukuran besar yang kemudian disusun berbentuk persegi dengan satu mata kawat runcing ditengah, tombak atau Serampang ikan sudah bisa dioperasikan sesuai kebutuhan.

Tak hanya berbeda dari segi ukuran, tombak udang dan tombak ikan juga memiliki perbedaan pada ujung kawat (mata tombak). Yang biasa digunakan untuk tombak udang berbentuk lurus runcing, sedangkan tombak ikan berpengait seperti umumnya mata pancing.***

Halaman:

Editor: Indra Priyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Dimsum Ayam Selezat Restauran

Senin, 30 Januari 2023 | 11:14 WIB

Berikut Cara Budidaya Pisang 40 Hari Dengan Benar

Sabtu, 28 Januari 2023 | 12:21 WIB

Mengupas Sejarah Kwetiau Yang Populer di Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:45 WIB
X