Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Ikuti Pembukaan Rehabilitasi Sosial dan Medis

POPULER HARI INI

Bintan – Sejumlah warga binaan lembaga pemasyarakatan kelas IIA Tanjungpinang mengikuti pembukaan program rehabilitasi sosial dan medis tahun 2021 di Ruang Kunjungan Lapas IIA Tanjungpinang, Selasa ( 06/05 ).

Pada kegiatan tersebut dihadiri Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kepri, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala BNN Provinsi Kepri, Kepala BNN Kota Tanjungpinang, Kepala Dinkes Kab Bintan, Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang, dan Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kepri Husni Thamrin, mengungkapkan rasa terimakasih karena hal ini merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan pengguna narkotika dari ketergantungan.

“Kita ini melaksanakan rehab merupakan rangkaian tahapan terakhir pada saat kriminal justice system dimana Rutan, Rupbasan, lapas mendapat tugas, tanggung jawab dan kewajiban untuk melaksanakan fungsi daripada kriminal justice system ( sistem hukum kriminal ) tersebut, penindakan ini diserahkan kepada kita Kemenkumham di setiap wilayah 33 kanwil didalamnya salah satunya UPT lapas dan rutan,” ujar Husni.

Penyematan tanda peserta secara simbolis ( foto: Indrapriyadi/harianmemokepri.com )
Penyematan tanda peserta secara simbolis ( foto: Indrapriyadi/harianmemokepri.com )

Husni menambahkan, konsekuensi sistem hukum inilah menjadi kewajiban, kita sebagai aparat penegak hukum sesuai Undang – undang pemasyarakatan nomor 12 tahun 1995 bahwa aparat atau petugas pemasyarakatan adalah aparatur penegak hukum sama hal nya dengan penegak hukum lainnya.

“Kita diposisi terakhir yang hari ini sebagai wujud tanggung jawab kita melauching untuk memulai rehabilitasi sosial dan medis bagi warna binaan di lembaga pemasyarakatan kita, atas support BNNP dan BNNK beserta instrumennya konselor dan assesor kami harus didukung bersama,” lanjutnya.

Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang Wahyu Hidayat menjelaskan, pada kesempatan ini dapat disampaikan untuk kapasitas warga binaan lapas yang ada didalam sekitar 398 orang terdiri dari 380 orang didalam lapas, sedang diluar lapas sebanyak 17 orang yang sedang menjalankan assimilasi akibat Pandemic Covid 19

BACA JUGA :  Pemkab Anambas Laksanakan Pembahasan RPD Pembentukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

“Dari data tersebut dapat kami sampaikan bahwa kasus narkotika pada saat ini berjumlah 107 orang, tindak Pidana korupsi 39 orang, perlindungan anak 195 orang, ilegal fishing 4 empat orang, dan kasus lain- lain 83 orang. Lapas kelas IIA Tanjungpinang pada tahun anggaran 2021 mendapatkan amanah untuk melaksanakan rehabilitasi medis dan sosial semuanya berjumlah 50 orang terdiri dari 30 orang rehab medis dan 20 orang rehab sosial,”

BACA JUGA :  NGO SEBORA Bersama Aliansi Mahasiswa Anambas Bagikan Masker Secara Serentak di 4 Kecamatan

“Untuk menyelamatkan generasi kita yang kecanduan atau ketergantungan terhadap narkotika perlu dilaksanakan rehabilitasi terhadap mereka, rehabilitasi bertujuan untuk mengintegrasikan kembali para pecandu dan atau penyalahgunaan narkotika kedalam masyarakat dengan cara memulihkan cara berfikir, emosional, dan berperilaku sebagai indikator perubahan,” lanjut Wahyu.

Sementara Kepala BNN Provinsi Kepri Henry Parlindungan Simanjuntak, mengapresiasi atas upaya dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham dalam melaksanakan rehabilitasi sosial dan medis.

“Saya mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumhan beserta jajarannya untuk melakukan rehabilitas sosial dan medis, kegiatan ini sebagai bentuk sinergi antara Kemenkumhan RI,” ungkap Henry.

lebih lanjut dikatakan Henry, pihak BNNP sangat mendukung kegiatan ini mengingat narkoba bukan masalah pecandu saja melainkan masalah aspek kehidupan bagi masyarakat.

” Kami dari BNNP sangat mendukung kegiatan ini, kita ketahui masalah narkoba ini bukan masalah pecandu saja tetapi masalah aspek kehidupan bagi masyarakat oleh karena pemerintah berupaya bekerja keras untuk menekan atau mencegah peredaran bahaya narkoba, kegiatan ini sangat strategis yang dilakukan oleh lapas IIA Tanjungpinang, ” pungkas Henry.

 


 



Bp Batam 2020banner dprd 2021Banner Pemko Tanjungpinang 2020

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img
spot_img
spot_img