Walikota Serahkan Bantuan Alat Pemadam Kebakaran ke Masyarakat Kelurahan Kamboja

Rahma menyerahkan bantuam alat Damkar ( Foto : Indrapriyadi / Harianmemokepri.com )
Rahma menyerahkan Bantuan Alat Damkar ( Foto : Indrapriyadi / Harianmemokepri.com )

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang menyerahkan bantuan alat Damkar kepada masyarakat Akau Potong Lembu Kelurahan Kamboja Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kamis (19/11).

Turut hadir Walikota Tanjungpinang, Sekda Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Tanjungpinang, Kasat Pol PP dan Pemadam, Kebakaran, Camat Tanjungpinang Barat, Lurah Kamboja dan Kapolsek Tanjungpinang Barat.

Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP mengatakan, kebijakan kebakaran menjadi urusan pemerintah sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014, bahwa kebakaran merupakan sub urusan bagian dari urusan bidang ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan dasar, pemerintah juga telah menetapkan peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal.

Lebih lanjut Rahma mengatakan, salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Tanjungpinang peduli dalam hal penanggulangan kebakaran adalah dengan menerapkan mitigasi kesiagaan kebakaran berbasis masyarakat, perlu kita ketahui Kelurahan Kamboja memiliki karakteristik pemukiman padat pada kawasan pesisir yang tidak memiliki akses jalan yang memadai untuk di lalui oleh mobil Damkar.

“Semoga dengan adanya mesin pompa kebakaran beserta peralatannya yang dipinjam pakaikan kepada Kelurahan Kamboja dapat menjadi alat utama dalam penanggulangan kebakaran di lingkungan ini secara cepat sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar,” ucap Rahma.

Hal yang sama diungkapkan oleh Kasat Pol PP dan Penanggulangan Kebakaran Hantoni, “Bantuan alat pemadam kebakaran ini terdiri dari satu set mesin pompa air, penyedot air (portable), selang hisap, selang siram dan Nozzle (penembak arah air) apabila terjadi kebakaran. Kami juga sudah membentuk team balakar sejak tahun 2018 dan 2019 kemarin di tingkat kelurahan saat ini total ada 10 balakar yang sudah terbentuk, sementara barang kita berikan merupakan pinjam pakai sampai mereka bisa mengetahui cara penggunaannya dan kita akan terus tetap mengoptimalkan barang tersebut supaya bisa lebih bermanfaat,” tuturnya.

Bp Batam 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.