oleh

Wakil Menteri Agama RI Buka Secara Resmi MTQ ke VIII Provinsi Kepri

Harianmemokepri | Tanjungpinang –  Malam Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke VIII tingkat Provinsi Kepulauan Riau berlangsung meriah di Dataran Gurindam XII Tepi Laut Tanjungpinang, Sabtu (19/9).

Defile Kafilah MTQ Ke VIII diawali dengan Drumband Korps Gerakan Pramuka Kwarda Kepri dibawah binaan Sekdaprov Kepri selaku Ketua Kwarda Provinsi Kepri, disusul dengan Barisan Purna Paskibraka, Kafilah Tanjungpinang, Kafilah Kab. Bintan, Kafilah Kota Batam, Kafilah Kab. Lingga, Kafilah Kab. Kepulauan Anambas, Kafilah Kab. Natuna dan Kafilah Kab. Karimun.

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau menyambut dengan rasa syukur dan gembira MTQ ke VIII tahun 2020.

Wakil Menteri Agama RI Ketika Sambutan sekaligus membuka acara MTQ Ke VIII Provinsi Kepri ( Foto :Indrapriyadi /Harianmemokepri.com)
Wakil Menteri Agama RI Ketika Sambutan sekaligus membuka acara MTQ Ke VIII Provinsi Kepri ( Foto : Indrapriyadi /)

“Pada fase normal akibat pandemic Covid 19 dapat dilaksanakan dengan baik di kota Tanjungpinang dengan menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Isdianto menjelaskan bahwa ada 8 cabang dan 64 golongan yang akan diperlombakan pada kegiatan MTQ tahun ini.

“Diharapkan dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta kecintaan masyarakat untuk belajar serta menghayati isi yang terkandung dalam Al Quran,” katanya.

Pada MTQ Tingkat Nasional ke XXVII di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018, lanjut Isdianto, Provinsi Kepri masuk dalam sepuluh besar yakni pada urutan ke empat dari 33 provinsi se Indonesia.

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau saat menyampaikan Sambutan ( Foto : Indrapriyadi / Harianmemokepri.com )
Gubernur Provinsi Kepulauan Riau saat menyampaikan Sambutan ( Foto :Indrapriyadi /Harianmemokepri.com)

“Mudah-mudahan pada MTQ Tingkat Nasional yang akan datang di Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Kepri dapat meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Drs H Zainut Tauhid Sa’adi Msi mengatakan, Indonesia adalah negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, wajar jika Indonesia dihadiahi kekayaan budaya dan warisan islam yang sangat kaya.

“Inilah yang menjadikan Indonesia saat ini menjadi kiblat islam di dunia selain negara – negara Arab,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bupati Natuna Gelar Rapat dengan Satgas Penanganan Covid-19

MTQ adalah bagian dari budaya bangsa Indonesia yang mengakar dari desa hingga nasional, event ini bukan hanya ramai dengan jumlah namun syarat akan nilai-nilai kebersamaan dan kerukunan, disisi lain perhelatan MTQ ini jangan sampai terlewatkan untuk melahirkan bibit-bibit ahli Quran yang handal.

“Pada Kesempatan ini saya mengingatkan kepada pihak yang terlibat dalam MTQ ini untuk selalu menjaga spontanitas, sportifitas demi menjaga keberkahan Al Quran,” tutup Wamenag.

Bp Batam 2020 dprd lingga 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.