Beranda Berita Kepri Wakil Bupati Natuna Buka Resmi Manasik Haji Tahun 2019

Wakil Bupati Natuna Buka Resmi Manasik Haji Tahun 2019

16 views
Wakil Bupati Natuna Buka Resmi Manasik Haji Tahun 2019

Harian Memo Kepri | Natuna — Wakil Bupati Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti, MA,┬ámembuka secara resmi Manasik Haji Tahun 1440 H/2019 M, bertempat di Masjid Agung Natuna Gerbang Utaraku (NGU), Senin (01/07/2019) siang.

Dalam acara yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci Al-Quran ini, Wabup didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Natuna Drs H Ahmad Husin dan Kabag Kesra Setda Kabupaten Natuna, H Syarifuddin, S.Ag.

Turut hadir dalam acara ini, para Pimpinan FKPD Natuna, para Asisten dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan para calon Jama’ah Haji.

Wabup Natuna, Ngesti Yuni, dalam sambutannya, menyampaikan permintaan maaf dari Bupati Hamid Rizal, tidak bisa hadir bersama-sama disini karena sedang melaksanakan dinas luar yang tidak bisa diabaikan.

Wakil Bupati Natuna Buka Resmi Manasik Haji Tahun 2019

Dikatakannya, Manasik Haji merupakan sebuah momentum bagi segenap calon Jama’ah Haji untuk memantapkan penerapan rangkaian ibadah haji terkait rukun, sunnah serta doa dan hal-hal yang bersifat teknis lainnya yang dapat membantu kelancaran serta khusunya ibadah haji.

“Oleh karenanya, saya berharap agar segenap calon haji dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh berbagai informasi agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan lancar, selamat, serta seluruh rukun dan syarat sahnya dapat dipenuhi,” harapnya.

Selanjutnya, Ngesti Yuni, meyampaikan apresiasi kepada pihak Kantor Kementerian Agama Natuna, dimana tahun ini menjadi penyelenggara kegiatan Manasik Haji, sebagai salah satu rangkaian persiapan penyelenggaraan haji yang harus dijalani oleh para calon jama’ah haji.

“Semoga koordinasi dan kerjasama yang terjalin selama ini, terutama terkait kemaslahatan dan proses peribadatan umat yang kita selenggarakan ini, mampu menuai keberkahan sebagai ladang amal bagi kita semua,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ngesti Yuni, berpesan kepada semua jama’ah haji agar selalu menjaga kesehatan jasmani maupun rohani.

“Ikutilah manasik haji ini dengan sebaik-baiknya, jangan malu bertanya kepada narasumber, karena ini semua berhubungan langsung dengan apa yang kita laksanakan disana nanti,” terangnya.

Wakil Bupati Natuna Buka Resmi Manasik Haji Tahun 2019

“Semoga perjalanan ibadah ini, menghantarkan saudara sekalian calon jama’ah haji Kabupaten Natuna khususnya, menjadi lebih dekat dengan Allah, menjadi insan yang lebih baik keimanan dan ketakwaannya, menjadi bagian dari masyarakat yang mampu berperan sebagai benteng agama ditengah derasnya arus kemajuan yang terjadi saat ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Kesra Setda Kabupaten Natuna, H Syarifuddin, S.Ag, yang bertindak sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Manasik Haji Tahun 1440 H/2019 M, dalam laporannya menyampaikan, sehubungan dengan dikembalikannya kuota haji Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi sebesar 20%.

Hal ini menurut Syarifuddin berimbas pada penambahan jumlah jama’ah haji Kabupaten Natuna yang pada tahun 2018 berjumlah 87 orang,”Alhamdulillah pada tahun 2019 ini jumlah calon jamaah haji Kabupaten Natuna menjadi 115 orang yang terdiri dari 52 laki-laki dan 63 perempuan,” katanya.

Lanjut Syarifuddin, tujuan manasik haji adalah untuk memberikan pengetahuan agar jamaah mampu memahami semua informasi tentang pelaksanaan ibadah haji.

Mulai dari tuntunan perjalanan, petunjuk kesehatan, dan petunjuk teknis lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan jama’ah haji, sehingga siap menunaikan ibadah haji secara fisik maupun mental, mampu mandiri secara pribadi maupun regu dan rombangan, baik di Indonesia maupun di Arab Saudi nantinya, sehingga ibadah haji dapat terlaksana dengan sempurna.

Adapun peserta Manasik Haji adalah jamaah calon haji dari seluruh Kabupaten Natuna musim haji tahun 2019 sebanyak 115 orang dengan rincian sebagai berikut, Kecamatan Bunguran Timur 74 orang, Kecamatan Bunguran Barat 4 orang, Kecamatan Bunguran Utara 2 orang, Kecamatan Bunguran Timur Laut 11 orang, Kecamatan Bunguran Selatan 4 orang, Kecamatan Serasan 8 orang, Kecamatan Midai 2 orang, Kecamatan Pulau Laut 1 orang, Kecamatan Subi 3 orang, Kecamatan Pulau Tiga 3 orang, Mutasi dari Kalimantan Barat 2 orang, dan TPHD Kabupaten Natuna 1 orang.

Penulis | Salohot

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.