Utamakan Keselamatan, Polairut Polres Bintan Gelar Sosialisasi Penggunaan Life Jacket

11
Satpolairud Polres Bintan saat mensosialisasikan keselamatan penumpang dengan menggunakan Life Jacket. (Foto. Ist)

Kepri HMK, Bintan — Satuan Polairud Polres Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar sosialisasi keselamatan untuk masyarakat pesisir pengguna jasa transportasi laut dengan penggunaan life jacket.

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini ditujukan kepada nakhoda kapal dan masyarakat pengguna transportasi laut, untuk mencegah dan meminimalisir dampak akibat cuaca ekstrem yang terjadi belakangan di Provinsi Kepri.

Kasat Polairud Polres Bintan, AKP Suardi, mengatakan, di dalam wilayah kerjanya, terdapat empat pelabuhan yang menjadi perhatian secara intens, salah satunya Pelabuhan Bulang Linggi, Tanjung Uban.

“Kami himbau kepada masyarakat apabila dalam perjalanan membutuhkan bantuan pihak kepolisian, segera menghubungi nomor yang tertera pada stiker Satpolairud Polres Bintan yang berada di setiap kapal, atau dapat melihat di spanduk-spanduk himbauan Satpolairud Polres Bintan yang tertera di pelabuhan-pelabuhan,” kata AKP Suardi melalui telepon selulernya, Minggu (6/1/2018) pagi.

Upaya ini diharapkan bisa membuat nakhoda kapal serta masyarakat lebih sadar akan pentingnya keselamatan dan bisa membantu menyebarluaskan kesadaran ini kepada teman dan kerabat yang akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut.

Selain itu, Kasat Polairud Polres Bintan bersama anggotanya juga melakukan pengecekan navigasi kapal di beberapa pelabuhan. Hal ini dikarenakan keselamatan penumpang menjadi tanggung jawab nahkoda dan kru kapal, sehingga dalam pelayaran harus memperhatikan kondisi cuaca, kecepatan aman dan melengkapi sarana navigasi serta komunikasi.

Disamping itu, stabilitas kapal harus dijaga dengan tidak melebihi kapastitas penumpang serta barang, “Kapal penumpang tidak tidak boleh berlebihan dan harus sesuai kapasitas, kita akan terus meningkatkan pengawasan sebelum kapal berlayar,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Suardi mengharapkan agar nakhoda kapal serta masyarakat agar terus menjaga keselamatan ketika sedang di laut dengan cara menggunakan life jacket dan pengecekan sarana prasarana sebelum berangkat.

BACA JUGA :  Dikejar OTK, Wanita Ini Tewas Usai Melompat dari Lantai 18, Ketika Diselidiki Ada Sepucuk Surat, Apa Isinya?

“Demi menjaga situasi yang kamtibmas di perairan Bintan, kami harapkan agar para nakhoda dan masyarakat tidak lupa dalam melakukan pengecekan serta utamakan keselamatan dalam pelayaran,” tutupnya. (*)

Sumber : Batamtoday.com
Editor : Amri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.