Beranda Berita Kepri Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Tanjungpinang, Nurdin Ingin Bangun Jalan Lingkar

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Tanjungpinang, Nurdin Ingin Bangun Jalan Lingkar

HarianMemoKepri.com, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri H. Nurdin Basirun mengatakan Kepri sebagai daerah Kepulauan memerlukan kelengkapan infrastruktur yang memadai. Untuk mewujudkan hal itu, Pemprov Kepri akan membangun jalan lingkar yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan investasi serta menjadi ikon baru Ibu Kota, Senin (12/3/2018).

“Saya harapkan mampu menunjang perekonomian daerah, pembangunan jalan lingkar ini, harus segera terlaksana,” ujar Nurdin  saat memimpin rapat rutin OPD di ruang kerja, kantor Gubernur Kepri, Istana Kota Piring, Tanjungpinang, saat dikutip detikexpose.com.

Gubernur meyakini, Tanjungpinang  sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri memiliki banyak potensi yang beragam. Karena itu, dengan ditambahnya jalan lingkar ini diharapkan mampu mempermudah akses untuk menggali potensi tersebut.

Diketahui, sepanjang 42 Km total panjang jalan lingkar akan mengelilingi Tanjungpinang dan Bintan. Dianggarkan dengan pola multiyears selama 3 tahun dan sudah mulai dikerjakan.

Untuk Tahap 2018 sendiri pemerintah mulai membangun jalan lingkar dari kawasan Jembatan 1 Dompak hingga Pelabuhan Sri Bintan Pura dengan panjang 4.82 Km dan akan dinamai dengan Kawasan Gurindam 12. Selain itu juga daerah sekitar yakni perkampungan tua Teluk Keriting juga akan ditata ulang. “Pembangunan dilakukan tanpa mengubah identitas asli dari daerah tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Barenlitbang Naharuddin menambahkan bahwa proyek pembangunan jalan lingkar tersebut sudah melalui koordinasi antara pihak Provinsi, Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan serta didesain agar dapat banyak manfaat.

“Pembangunan jalan sendiri sudah kami desain tidak akan menimbulkan efek negatif seperti terjadinya banjir dan merugikan masyarakat, justru mengatasi kemacetan dan akan memberikan pengaruh ekonomi yang besar karna terhubungnya Tanjungpinang dan Bintan,” ujar Naharuddin pada rapat tersebut.

Kemudian dilanjutkan Kepala Dinas PU Abu Bakar Menjelaskan bahwa nantinya efek dari pembangunan Jalan lingkar tersebut akan membuat pendapatan daerah bertambah, salah satunya reklamasi perluasan lahan parkir pelabuhan SBP. “Kita sudah bekerjasama dengan pihak Pelindo nantinya total luas lahan parkir dipelabuhan adalah 3 Hektar dan disaat jam-jam sibuk dapat menampung 2 sampai 3 ribu kendaraan,” kata Abu.

BACA JUGA :  Lucu!!, Salah Naik Mobil, Sandiaga Uno Jewer Telinga Ajudan

Abu melanjutkan bahwa kawasan hijau di sekitar area reklamasi tidak akan diganggu gugat sama sekali bahkan kawasan hijau tersebut akan di tata ulang sedemikian rupa agar dapat terlihat lebih menarik dan dapat dijadikan kawasan wisata. “Ruang terbuka hijau multifungsi nantinya akan seluas 3 Hektar dari Tanjung Buntung hingga Tugu Pensil,” tambah Abu.

Untuk struktur jalan lingkar sendiri akan beragam, salah satunya jalan dari kawasan depan SMAN 5 hingga kawasan Lantamal akan dibangun jembatan sehingga tidak merusak kawasan kampung teluk kriting. Kemudian juga akan dibuat dinding penahan gelombang dari Jembatan I hingga ke Pantai Impian yang dapat difungsikan juga sebagai jalan. (Red)

logo - Single Cloud Template - Fast News
Banner Pemprov 696x147 - Single Cloud Template - Fast News
Banner Publikasi DPRD Provinsi Kepri Mei 2016 696x125 - Single Cloud Template - Fast News
IMG 20180309 WA0005 696x144 - Single Cloud Template - Fast News
bannerlingg2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerdprdlingga2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerpemkabanambas2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerdprdanambas2018 - Single Cloud Template - Fast News

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BERITA TERBARU

Lanal Ranai Giat Bersih Pantai Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2019

Harian Memo Kepri, Natuna -- Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun (HPSN) Tahun 2019,  Lanal Ranai melaksanakan kegiatan bersih pantai, Kamis (21/01/19)Kegiatan dengan...

Koramil 03/0315 Bintan Karya Bakti Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019

Harian Memo Kepri, Bintan -- Koramil 03/Binut Kodim 0315/Bintan bekerjasama dengan Pemkab Bintan dan komponen masyarakat lainnya melaksanakan karya bakti bersama Pemda dan masyarakat,...

Meriahkan HPSN 2019, Koramil 02/0315 Bintan Antusias Gelar Ikut Gotong Royong

Harian Memo Kepri, Bintan -- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Koramil 02/Bintim Kodim 0315/Bintan dan Warga Kijang Kota menggelar kegiatan gotong royong, Kamis (21/2/2019).Dandim...

HPSN 2019, Koramil 01/0315 Bintan Ikut Bersihkan Sampah

Harian Memo Kepri, Tanjungpinang -- Guna menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Anggota Koramil 01/Tanjungpinang Kodim 0315/Bintan bersama warga Kota Tanjungpinang Ikut...

Bupati Anambas Abdul Haris Audiensi ke BNPP Terkait Bencana

Harian Memo Kepri, Anambas -- Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, S.H melakukan Audiensi bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, di Aula Pertemuan BNPP Jakarta,...
Slide1 - Single Cloud Template - Fast News

Nilai Tukar Mata Uang Asing Terupdate

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.070,9537
MYR
3.449,9446
SGD
10.401,3606
JPY
127,0801
CNY
2.094,0775
INR
197,6673
AUD
9.999,6089
EUR
15.948,6662