Beranda Berita Kepri Tingkatkan Kemampuan Menulis di Media, BPTP Kepri Gelar Bimtek Online

Tingkatkan Kemampuan Menulis di Media, BPTP Kepri Gelar Bimtek Online

Harian Memo Kepri | Pertanian — Pengembangan sektor pertanian harus didukung dengan inovasi-inovasi teknologi spesifik lokasi yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian.

Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai macam inovasi teknologi yang siap didiseminasikan ke seluruh wilayah Indonesia untuk membantu meningkatkan produksi pertanian dalam upaya menjaga ketahanan pangan di tengah gejolak pandemi Covid-19.

BPTP Kepri selaku unit kerja Badan Litbangtan Kementerian Pertanian di Kepulauan Riau terus berupaya menjalankan tugas dan fungsinya untuk mendiseminasikan inovasi teknologi spesifik lokasi secara rutin melalui berbagai media online baik tingkat lokal maupun nasional serta media sosial (Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook) yang saat ini ramai digandrungi masyarakat.

Dalam upaya menggencarkan arus informasi diseminasi inovasi teknologi, BPTP Kepri pada tanggal 2 Juli 2020 menyelenggarakan Bimtek Online bertema “Trik dan Teknis Menulis Naskah Media Online”.

Peserta Bimtek ini terdiri dari peneliti, penyuluh, dan teknisi litkayasa BPTP Kepri, penyuluh pertanian lapangan se-Provinsi Kepulauan Riau, dan Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang. Yang bertindak sebagai narasumber Ir. Ahmad Soim, selaku Pimpinan Redaksi Tabloid Sinar Tani.

Ir. Ahmad Soim, pemimpin redaksi Tabloid Sinar Tani
Ir. Ahmad Soim, pemimpin redaksi Tabloid Sinar Tani

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan Dr. Ir. Sugeng Widodo, MP selaku Kepala BPTP Kepri. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi atas antusias penyuluh di seluruh wilayah Kepulauan Riau untuk bersama-sama meningkatkan kemampuan transfer informasi dari setiap daerah melalui media online.

“Bimtek ini kita jadikan sebagai sarana mengasah kemampuan berbagi informasi pertanian yang menarik dan mudah dipahami sehingga pertanian di Kepri lebih bergema di kancah nasional. Karena itu juga kita langsung menghadirkan Bapak Ahmad Soim yang menjadi Pimpinan Redaksi Sinar Tani, yang kita ketahui bersama adalah tabloid terkenal di level nasional,” jelas Sugeng.

Dalam Bimtek kali ini Lutfi Humaidi, M.Sc., Pegawai BPTP Kepri bertugas sebagai moderator dan memimpin diskusi antara peserta dan narasumber. Ahmad Soim dalam pemaparannya menjelaskan bahwa trik menulis yang menarik itu dibangun dengan 4 hal, yaitu, ide/gagasan, ada argumentasi atau penjelasan secara ilmiah, menggunakan bahasa jurnalistik yang sederhana, dilengkapi foto.

Beliau kemudian menjelaskan keempat poin tersebut secara detail untuk membantu seluruh peserta bimtek memahami materi yang disampaikan.

Bimtek Online
Bimtek Online

Bimtek online berlangsung hangat yang ditandai dengan diskusi aktif dari peserta dengan narasumber. Diskusi ini membuat materi bimtek lebih berkembang sehingga banyak informasi baru yang diperoleh peserta dan narasumber. Di akhir acara, Ahmad Soim menyampaikan harapannya agar peserta mulai aktif mengirimkan tulisan ke media online terutama Tabloid Sinar Tani.

“Saya berharap melalui bimtek ini, peneliti dan penyuluh dari wilayah Kepulauan Riau semakin aktif menghasilkan informasi-informasi pertanian yang menarik melalui tulisan di berbagai media online. Tulisan Bapak dan Ibu juga dapat dikirimkan ke saya melalui BPTP Kepri yang telah menjalin kerjasama dengan kami,” ungkap Ahmad Soim.

Penulis | Khoiru Rizqy Rambe, SE., M.Si.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BERITA TERBARU

Group Siberindo