Tim WFQR Lantamal IV Gagalkan 6 Pelaku Pembajak Kapal

Ilustrasi Pembajakan ( dok.liputan6.com)

HARIAN MEMO KEPRI, TANJUNGPINANG – Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV Tanjungpinang berhasil mengamankan 6 orang terduga jaringan tindak pidana kriminal pembajakan kapal.

Pasalnya, keenam terduga ditangkap di Tanjung Pinggir Sekupang Batam sedang bersiap menuju Selat Melaka untuk melaksanakan kejahatannya.

“Dari keenam pelaku, tiga diantaranya adalah pelaku lama yaitu “UA” yang berperan sebagai pemanjat adalah mantan narapidana yang dijatuhi vonis 4,5 tahun karena melakukan pembajakan MT Zafirah tahun 2012; “TA” berperan sebagai pemanjat adalah pelaku percobaan pencurian terhadap MT Lautan Promise tahun 2013 dan “L” alias Romo berperan sebagai pemanjat pernah diamankan tim WFQR 4/Unit 1 Jatanrasla pada tahun 2015 karena diduga akan melakukan tindak kriminal di perairan OPL timur Malaysia,” ujar Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI S.Irawan melalui Dispen Lantamal IV Tanjungpinang,Senin, (26/12).

BACA JUGA :  Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Diperlukan Pengawasan Kuat

Di mengatakan, tiga dari enam terduga terdata sebagai pemain baru serta beberapa didapati beberapa peralatan pembajakan.

“Tiga pelaku yang merupakan pemain baru adalah “MA” berperan sebagai nahkoda, “FSL” berperan sebagai juru mudi atau pembantu nahkoda dan “R” yang berperan sebagai pemanjat. Bersama para tersangka juga diamankan boat pancung GT 01 milik “PS” warga Sagulung Batam, empat buah HP, tali panjat dan senjata tajam saat ini diamankan oleh Tim WFQR Lantamal IV sebagai barang bukti untuk proses penyelidikan,” tegasnya.
Lebih lanjut, kata dia, menjelang libur perayaan Natal dan tahun baru 2017, pengamanan perairan Kepri akan semakin ditingkatkan untuk meminimalisir tindak kejahatan.

BACA JUGA :  Herman : Disperdagin Sering Datang Sosialisasi Namun Itu Dulu, Sekarang Saya Tidak Pernah Tau

“Para pelaku kriminal di laut mencoba memanfaatkan momentum libur panjang dan cuaca buruk untuk melakukan aksinya. Hal ini sudah kita antisipasi dengan menyebar tim WFQR di jalur-jalur rawan tindak kejahatan dan hal ini terbukti cukup efektif terbukti dengan adanya penangkapan pelaku tindak kriminal di laut yang dilakukan oleh jajaran Lantamal IV. Tim WFQR akan selalu bergerak cepat di waktu yang tepat.(MS93/Dispen Lantamal IVTanjungpinang Pinang)

hut kepri gub wagub whatsapp image 2022 08 16 at 14.06.27 iklan media whatsapp image 2022 09 23 at 08.12.29

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.