oleh

Tiga Hari ke Depan, Kepulauan Anambas Akan Diguyur Hujan dan Gelombang Tinggi

Anambas — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tarempa memprediksi cuaca wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas selama tiga hari ke Depan akan turun Hujan Ringan hingga Sedang, dengan kecepatan angin di atas 20 knot di seluruh perairan Kepulauan Riau.

Selain itu, Gelombang tinggi dengan kategori Sangat Tinggi hingga Ekstrim yang mencapai 6 hingga 9 meter akan terjadi diperairan Kepulauan Anambas.

“Dapat kami sampaikan, untuk satu hingga dua hari ke depan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat,” ucap Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tarempa BMKG, Sirajul Munir, S.Mat kepada harianmemokepri.com, Sabtu (09/01/2021).

Data terhimpun, dibagian perairan Utara Anambas pada 10 Januari dan 11 Januari 2021 diprediksi akan turun hujan ringan, dengan arah angin bertiup dari Barat Laut menuju ke Timur Laut dengan kecepatan 10 sampai 30 knot dan gelombang mencapai 4 hingga 6 meter.

Untuk hari ketiga, yaitu 12 Januari diprediksi akan turun hujan sedang, dengan arah angin bertiup dari Barat Laut menuju ke Timur Laut dengan kecepatan 10 sampai 30 knot dan gelombang dikatagorikan ekstrim yang mencapai 6 hingga 9 meter.

Sedangkan perairan Selatan Anambas pada 10  Januari dan 11 Januari 2021 diprediksi akan turun hujan ringan dengan arah angin bertiup dari Barat Laut menuju ke Timur Laut dengan kecepatan 10 sampai 25 knot dan dan gelombang hanya mencapai 2,5 hingga 4 meter.

Pada 12 Januari 2021 cuaca hujan dan kecepatan angin masih sama dengan hari sebelumnya, hanya saja gelombang mencapai 4 hingga 6 meter.

Kepala Stasiun Meteorologi Tarempa, Sirajul menambahkan pada hari ini angin kencang diperkirakan mencapai 60 kilometer perjam, dan baru tercatat mencapai 27 knot atau sama dengan 48 kilometer

BACA JUGA :  Cuaca Ekstrem, Kades Teluk Siantan Himbau Warga Waspada Terhadap Lingkungan

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya Kabupaten Kepulauan Anambas selalu waspada, khususnya selama 3 hari kedelapan, mengingat potensi cuaca ekstrim karena pengaruh La Lina masih berpotensi akan terjadi di wilayah Indonesia yang tentunya masih berimbas di wilayah kepulauan Anambas, berupa hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang dan juga gelombang tinggi.

“Kami BMKG akan selalu memberikan informasi cuaca terkini, semoga kita semua khususnya warga Kepulauan Anambas selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin,” Pungkasnya.

Bp Batam 2020

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.