Beranda Berita Batam Terkait Polemik Perizinan Gudang Arang Bakau, Budi Mardianto Akan Panggil Dinas Terkait

Terkait Polemik Perizinan Gudang Arang Bakau, Budi Mardianto Akan Panggil Dinas Terkait

1 views
Ketua Komisi I DPRD Batam Budi Mardiyanto

Kepri HMK, Batam — Ketua Komisi I DPRD Batam Budi Mardiyanto mengatakan, bahwa polemik terkait gudang arang bakau, pihaknya akan memanggil pejabat terkait, termasuk pemilik gudang arang.

Demikian disampaikan, Ketua Komisi I DPRD Kota Batam Budi Mardianto kepada awak media, Senin (21/1/19) dikantornya.

” Pastinya Kita akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait polemik izin gudang arang bakau di pulau Galang Batam. “katannya

Hal itu untuk menanggapi aduan yang dilayangjan LSM Garda Indonesia (GI) yang menyebutkan menemukan adanya kejanggalan dari izin gudang arang bakau milik pengusaha berisial AH.

Sementara itu, Ketua GI Aldi Braga memastikan akan segera mengajukan surat permohonan RDP, dia meyakini dengan adanya RDP bisa menemukan pelanggaran terkait izin gudang arang bakau tersebut.

“Pastinya kami butuh RDP, karena disan pasti dihadiri pejabat dan pihak terkait, dan nantinya kita bisa mengurai dan menemukan kejanggalan dari izin gudang arang bakau tersebut,”ucap Aldi

Kata Aldi, timnya telah menemukan kejanggalan dari izin gudang bakau yang sudah beropreasi puluhan tahun, pertama gudang arang bakau itu tidak memiliki izin domisili usaha dari pemko Batam.

Kedua, BP Batam bisa mengeluarkan izin usaha perdagangan besar hasil kehutanan dan perburuan tanpa persyaratan yang lengkap. Padahal, lokasi gudang arang bakau itu berada di wilayah abu-abu yakni di pulau Galang yang masih menyandang status quo dan ditetapkan menjadi hutan konservasi, lahan di sana semestinya belum bisa dialokasikan oleh BP Batam.

Kata Aldi, untuk kota Batam saja yang bukan wilayah abu-abu, sebelum izin keluar dari BP Batam semua legalitas harus lengkap, mulai dari izin prinsip, fatwa planalogi, UWTO dan lain-lain. “Inilah yang perlu diluruskan, kenapa Galang sana (wilayah abu-abu) bisa keluar izin tanpa syarat yang harus dipenuhi seperti UWTO. Di Batam ini kenapa berbeda, samakan juga dong (gak usah bayar UWTO),” tutur Aldi,” kata Aldi. (silabuskepri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.