• Minggu, 5 Februari 2023

Kelurahan Batu IX Sebagai Pemenang Lomba Kelurahan Terbaik DP3APM

- Rabu, 18 Mei 2022 | 17:55 WIB
Kadis DP3APM Tanjungpinang Rustam saat berikan sambutan
Kadis DP3APM Tanjungpinang Rustam saat berikan sambutan

Tanjungpinang- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang menggelar lomba Kelurahan terbaik tahun 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kelurahan Batu Sembilan yang merupakan pemenang lomba Kelurahan tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur, Rabu (18/5).

Perlombaan ini setiap tahun dilaksanakan tahun lalu pemenangnya yaitu Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari. Pemenang lomba Kelurahan tingkat kota akan mewakili Tanjungpinang dalam lomba kelurahan tingkat provinsi yang diagendakan akan digelar pada bulan Juni mendatang.

"Kelurahan terbaik diharapkan adalah kelurahan yang terus berkembang, bisa mengatasi berbagai masalah yang dihadapi masyarakatnya serta memiliki kreatifitas dan inovasi perbaikan dari waktu ke waktu," hal itu disampaikan oleh Rustam selaku Kepala Dinas DP3APM Kota Tanjungpinang.

Penilaian dilakukan oleh Tim Juri sebanyak 7 orang dari berbagai elemen yaitu akademisi, OPD dan PKK. Bertindak sebagai Ketua Tim Juri adalah Ibu DR Samilatul Khorirah dari TP PKK Kota, dengan anggota Efendi (Bappelitbang), Fendi Saputra, SKM (Dinkes PPKB), Hendrawan Herninanto, SSTP (Bagian Pemerintahan Setdako), Satriadi, SE, M.Si (STIE), Rozi SE dan Hafiz, SSTP (DP3APM)

Penilaian lomba kelurahan terbaik meliputi berbagai aspek yang terbagi dalam bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Di bidang kewilayahan akan dilihat peta batas dan administrasi, peta resiko/rawan bencana, inovasi kelurahan, produk unggulan, investasi dan upaya tanggap bencana.

Di bidang kemasyarakatan akan dilihat aktifitas gotong royong, kelembagaan masyarakat, aktifitas pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, aktifitas posyandu, kesehatan masyarakat, air bersih, keamanan dan ketertiban, pendidikan, pengangguran, penduduk miskin dan ekonomi kelurahan.

Selain itu di bidang pemerintahan akan dilihat organisasi dan pemerintahan, administrasi, regulasi, kinerja, aset, sarana prasarana, pelestarian budaya dan pemberdayaan masyarakat.

"Tiga kelurahan lainnya yang juga akan dinilai adalah Kelurahan Tanjung Unggat (pemenang tingkat Kecamatan Bukit Bestari), Kelurahan Tanjungpinang Barat (pemenang tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat) dan Kelurahan Tanjungpinang Kota (pemenang tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota)," pungkasnya.

 

 

Editor: Indra Priyadi

Terkini

Lanud RHF Tanjungpinang Peringati HUT Koopsudnas

Senin, 30 Januari 2023 | 20:43 WIB

Irjen Pol Tabana Bangun Kunjungi Pulau Penyengat

Sabtu, 28 Januari 2023 | 15:57 WIB
X