PSHT Ranting Tanjungpinang Timur Menggelar Nyadran Jelang Bulan Ramadhan di Makam Daeng Marewa Sei Carang

- Minggu, 19 Maret 2023 | 17:15 WIB
warga PSHT Ranting Tanjungpinang Timur saat berada di Makam Daeng Marewa, Minggu (19/03/2023) pagi  (Chotimul Ashom )
warga PSHT Ranting Tanjungpinang Timur saat berada di Makam Daeng Marewa, Minggu (19/03/2023) pagi (Chotimul Ashom )

HARIANMEMOKEPRI.COM -- Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, keluarga besar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Tanjungpinang Timur cabang Tanjungpinang pusat Madiun menggelar acara nyadran di Komplek Makam Daeng Marewa Sei Carang Kota Tanjungpinang, Minggu (19/03/2023) pagi.

Kegiatan Nyadran yang di hadiri oleh para siswa dan warga PSHT Ranting Tanjungpinang Timur cabang Tanjungpinang, bahkan juga di hadiri oleh warga PSHT Rayon berdikari Tanjung Uban cabang Kabupaten Bintan serta tokoh masyarakat sekitar.

Istilah nyadran adalah salah satu ungkapan jawa yang dalam istilah lain disebut juga Ruwahan, yang mana masyarakat Jawa khususnya dan umumnya di Nusantara saat menjelang Bulan Suci Ramadhan tiba.

Baca Juga: Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Warga Perumahan Taman Cipta Asri Gotong Royong di Halaman Masjid

Masyarakat melaksanakan ziarah kubur di makam leluhur atau orang tua yang sudah mendahului secara beramai ramai yang di awali dengan membersihkan area pemakaman dan di lanjutkan dengan doa bersama untuk para leluhur.

Namun juga ada ungkapan yang lain bahwa nyadran berasal dari kata "nyadaro" yang dalam artian ketika kita ziarah kubur, sebagai manusia harus sadar bahwa setiap yang bernyawa juga akan mengalami kematian atau juga akan di kubur sebagai mana orang yang di ziarahi, sehingga seyogyanya dengan hal tersebut senantiasa selalu memperbaiki diri agar menjadi lebih baik.

Disisi lain kegiatan nyadran yang dilaksanakan PSHT Ranting Tanjungpinang Timur cabang Tanjungpinang pusat Madiun ini adalah, selain melestarikan tradisi dan budaya nyadran juga diharapkan generasi muda tidak mudah melupakan sejarah.

Baca Juga: Meroketnya Harga Cabai Merah, Gerbang Tani Kepri Jalankan Program Pengadaan Bibit sebanyak 15 Ribu Batang

Sebagaimana di ungkapkan ketua Ranting Tanjungpinang Timur yang akrab di panggil Mas Sidik, bahwa bagian dari pada ajaran leluhur PSHT adalah salah jangan pernah melupakan jasa para leluhur

"Khusus dikalangan leluhur pendiri PSHT, karena adanya kita di keluarga besar persaudaraan setia hati terate ini berkat anugerah allah yang di berikan melalui leluhur PSHT,"ungkap Mas Sidik.

Acara tersebut di awali dengan tahlil jama' dan doa bersama untuk kemashlahatan bangsa, negara dan PSHT Pusat Madiun khususnya dilanjutkan dengan bakti sosial gotong royong membersihkan rumput yang semak di area Komplek Makam Daeng Marewa Sei Carang.***

(Penulis: Chotimul Ashom)

Editor: Indra Priyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X