Tak Hanya untuk Skincare, Aloe Vera Juga Ampuh untuk Obati Luka

POPULER HARI INI

Harian Memo Kepri | Kesehatan — Bagi sebagian besar orang, khususnya kaum hawa, sudah tidak asing lagi dengan aloe vera atau lidah buaya. Manfaatnya untuk kosmetik dan skincare sudah tidak diragukan lagi bahkan banyak wanita yang menganggap bahan ini sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat, kekusaman, dan memperbaiki tekstur wajah.

Tapi tahukah Anda bahwa aloe vera juga sangat ampuh untuk mengobati luka? Aloe vera atau lidah biaya mengandung gel yang kaya akan mineral, bahan yang membantu penyembuhan luka. Tanaman ini telah digunakan untuk merawat sejumlah luka keci, lecet, iritasi kulit, dan luka bakar ringan.

Mengutip The Advance, Pusat Medis Maryland University meneliti kandungan lidah buaya yang memiliki 99 persen air dan dua bahan kimia kuat yang meningkatkan penyembuhan luka yakni polisakarida dan glikoprotein.

Polisakarida telah dikenal dapat meningkatkan pergerakan sel, yang mengarah pada pertumbuhan kembali jaringan yang lebih cepat dan lebih efisien. Glikoprotein tidak hanya sebagai pereda rasa sakit tetapi dapat membantu mengendalikan respons peradangan. Bahkan ada bukti bahwa kedua senyawa ini bersama-sama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan itu lebih baik untuk tubuh secara keseluruhan.

“Lidah buaya mengandung senyawa glukomanan, yang mendorong regenerasi sel dan produksi kolagen. Kolagen adalah protein esensial yang meningkatkan penyembuhan luka,” demikian dikutip situs tersebut.

BACA JUGA :  Kunjungi Kecamatan Selayar, Wakil Bupati Lingga Hadiri Dzikir dan Tausyiah Di Penuba

Pada 2015, sekelompok peneliti melakukan pemeriksaan efek lidah buaya pada luka kulit yang diterbitkan pada jurnal BioMed Research International, tim menemukan bahwa lidah buaya cukup efektif dalam menangani jenis luka.

Bahan kimia lain dalam lidah buaya juga dapat menumbuhkan sekresi faktor pertumbuhan seperti insulin tubuh, yang sebagian besar bertanggung jawab untuk pertumbuhan kembali pembuluh darah.

Sumber| Dok.| detik.com
BACA JUGA :  Kompak, Empat 'Kesatria Kota Gurindam' Galang Dana untuk Korban Bencana Alam di Lombok
 


 



Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)Banner Pemko Tanjungpinang 2020

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img
spot_img
spot_img