Tahun Ini JCH Asal Tanjungpinang Sebanyak 93 Orang

Rahma memberikan arahan kepada Jamaah Calon Haji di Kantor Walikota Tanjungpinang
Rahma memberikan arahan kepada Jamaah Calon Haji di Kantor Walikota Tanjungpinang

Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang melepas keberangkatan 93 orang jamaah calon haji (JCH) yang akan menunaikan ibadah ke tanah suci Mekah pada musim haji tahun ini.

Pelepasan JCH berlangsung di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah lantai III Kantor Walikota Tanjungpinang diwarnai dengan prosesi adat istiadat Melayu tepuk tepung tawar yang dimaknai sebagai doa selamat untuk jamaah calon haji, Jumat ( 10/06 )

Penepukan tepung tawar diawali oleh Walikota Tanjungpinang, Rahma, dilanjutkan Wakil Walikota, Endang Abdulah dan Ketua LAM Kepri Kota Tanjungpinang.

Rahma mengucapkan selamat kepada para JCH. Ia berpesan agar para calon haji menjaga kesehatan dan protokol kesehatan agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekah.

Selain itu, dirinya juga meminta calon haji untuk selalu menjaga kekompakan, kebersamaan, rasa kekeluargaan, saling menjaga, dan tolong- menolong. Karena ini, merupakan satu cara agar para jamaah saling menguatkan.

BACA JUGA :  Pangdam I/BB Resmikan Lapangan Tembak Wira Pratama

“Mudah-mudahan semua jamaah calon haji kita, Allah berikan kesehatan, kekuatan, kemudahan, dan kelancaran dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima ini,” ucapnya.

Dikesempatan itu, Rahma juga meminta kepada para JCH untuk mendoakan kota Tanjungpinang dan masyarakatnya agar senantiasa diberikan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

“Saya titip doa buat seluruh masyarakat dan pemko kota Tanjungpinang. Doakan kami selalu diberikan Allah keberkahan, kemakmuran, keselamatan, sejahtera, aman dan damai untuk kota yang kita cintai ini. Selamat jalan jamaah calon haji kota Tanjungpinang. Dengan iringan doa semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT, Semoga kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji dan hajjah yang mabrur,” ucap Rahma.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Tengku Dahlan menyampaikan jamaah calon haji yang akan berangkat menunaikan ibadah tahun 2022 ini sebanyak 93 orang jamaah calon haji, terdiri dari 35 orang calon haji laki-laki dan 58 orang calon haji perempuan.

BACA JUGA :  Polres Tanjungpinang Ikuti Upacara HUT Bhayangkara Ke 75 Secara Virtual

“Jamaah calon haji tertua berumur 64 tahun sebanyak dua orang dan yang termuda berusia 21 tahun ada satu orang,” sebutnya.

Selanjutnya, pada 12 Juni 2022 nanti, jamaah calon haji akan mejalani swab atau pemeriksaan PCR di kantor Dinas Kesehatan, PP, dan KB, dilanjutkan 13 Juni 2022, petugas Bea Cukai akan melakukan pemeriksaan barang bawaan calon haji di kantor Dinas Perhubungan, Bintan Center.

“Jamaah haji akan diberangkatkan dari pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang ke embarkasi Batam dengan menggunakan kapal feri pada 14 Juni 2022,” terangnya.

Seusai sambutan, wali kota juga melantunkan shalawat nabi dan diikuti seluruh jamaah calon haji. Acara juga diisi dengan tausiyah agama yang disampaikan Ustadz Rizaldi Siregar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.