Tahun Depan Tanjungpinang Dicanangkan Gelar Festival Bumi Segantang Lada

Pasca Pandemic Covid-19, Sektor Pariwisata Kini Mulai Bangkit

Afitri Susanti menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba ( foto Indrapriyadi/HarianMemoKepri.com )
Afitri Susanti menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba ( foto Indrapriyadi/HarianMemoKepri.com )

Tanjungpinang – Selama dua tahun lamanya Pandemic Covid-19 melanda seluruh penjuru dunia sehingga sektor pariwisata mengalami penurunan yang signifikan.

Oleh karena itu meskipun aturan-aturan yang diterapkan oleh Pemerintah telah mulai longgar pada tahun ini secara perlahan sektor pariwisata sudah mulai kembali bangkit. Salah satunya Festival Budaya Tionghoa 2022 yang berlangsung selama dua hari di Mall TCC Tanjungpinang, Minggu ( 26/06 ).

Selama dua hari berturut-turut festival budaya Tionghoa berlangsung tampak para pengunjung sangat antusias menyaksikan berbagai kesenian yang ditampilkan, bahkan para pelaku UMKM terkena dampak dari festival ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Afitri Susanti, S.PSI.,MM mengatakan festival budaya Tionghoa 2022 ini merupakan acara pertama kali dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau.

BACA JUGA :  Nurhayati Hamid Rizal Lantik Ketua Baru Tim PKK Kecamatan Suak

“Acara pada tahun lalu berkaitan dengan budaya Tionghoa itu hanya event kecil seperti misalnya barongsai saja, kemudian Bazar, tetapi kali ini dikemas dalam satu festival budaya Tionghoa yang terdiri dari berbagai macam suku dan adat tradisinya, kuliner, kesenian, talk show serta pameran,” ungkapnya.

Dirinya melanjutkan, ini bukti dari beranekaragam budaya yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Ia pun berharap kedepan festival ini bisa menjadi event tahunan yang akan masuk kalender event pariwisata dikemas dalam paket pariwisata.

“Nanti kita akan bekerjasama dengan dinas kebudayaan dan Kepala Dinas Kebudayaan menyampaikan di tahun depan dicanangkan satu festival bumi segantang lada.

BACA JUGA :  Dapat 2 Juta Sekali 'Genjot', 7 Mahasiswi Ditangkap Polisi

“Festival bumi segantang lada ini akan mengkolaborasikan berbagai etnis dan berbagai paguyuban yang ada di Provinsi Kepulauan Riau,” jelasnya.

Secara perlahan, masih kata Afitri, pariwisata bangkit wisatawan mancanegara sudah mulai berdatangan aturan pemerintah sudah mulai longgar untuk itu berharap agar pandemic bisa segera selesai sepenuhnya agar ekonomi bangkit dan pariwisata semakin jaya.

“Kita mengembalikan kejayaan kita yang tadinya menjadi nomor dua terbanyak wisatawan mancanegara setelah Bali. Mudah-mudahan ini akan terwujud dengan baik dan lancar atas dukungan semuanya tanpa terkecuali,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.