Beranda Berita Memo SUV Asal China Wuling Almaz Baru Satu Bulan Sudah Asapi Honda CR-V

SUV Asal China Wuling Almaz Baru Satu Bulan Sudah Asapi Honda CR-V

SUV Asal China Wuling Almaz Baru Satu Bulan Sudah Asapi Honda CR-V
Wuling Almaz. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia/Detikoto

Harian Memo Kepri, Otomotif — SUV pendatang baru asal China Wuling Almaz yang baru diluncurkan satu bulan lalu, cukup mendominasi di kelasnya.

Tercantum dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling Almaz mencatatkan angka yang lebih tinggi dibandingkan kompetitornya.

Dengan kapasitas dan mesin yang sama Wuling Almaz bersanding dengan DFSK Glory 580 dan juga Honda CR-V Turbo. Ketiganya sama-sama mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc turbo.

Wuling Almaz sepanjang bulan kedua tahun 2019 terdistribusi sebanyak 586 unit. Sedangkan Honda CR-V yang memiliki dua tipe terdistribusi lebih sedikit yakni 454 unit. Berbeda lagi dengan nasib sesama produsen China DFSK Glory 580.

Glory 580 yang biasa terdata memiliki beberapa tipe, justru tercatat hanya ada satu. Dan sepanjang Februari 2019, DFSK justru tak mendistribusikan Glory 580 sama sekali. Padahal pada Januari tercatat DFSK masih mengirim dua unit ke diler-dilernya.

DFSK Glory 580 memang kurang cemerlang sejak pertama kali didistribusikan pada Mei 2018. Sepanjang tujuh bulan tak sampai 500 unit Glory 580 yang bisa didistribusikan DFSK ke masing-masing dilernya. Total selama tujuh bulan hanya 447 unit Glory 580 yang dikirimkan.

Segmen yang diisi oleh Glory 580 memang tertentu, masih kalah banyak dengan MPV. Ditambah lagi DFSK merupakan pendatang baru yang masih harus berusaha meyakinkan masyarakat Indonesia kalau mobilnya laik dibeli seperti halnya keluaran pabrikan Jepang.

Bulan pertama distribusi sebenarnya belum bisa menjadi patokan kalau mobil tersebut laris di pasaran. Tentu para produsen harus mengisi stok yang ada di diler sehingga bisa jadi hal itu yang membuat distribusi Almaz melambung. Perlu diperhatikan beberapa bulan ke depan apakah Wuling mampu mempertahankan distribusi Almaz dan melebihi Honda CR-V serta DFSK Glory 580.

Sumber : oto.detik.com (detikoto)
Editor : Tomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.