Sukseskan Pilkada 2020, Bawaslu Anambas Siapkan Rencana Strategis

Yopi Susanto, SE ketua komisioner Bawaslu Anambas. (Pinni/HMK)

Harian Memo Kepri | Anambas — Mendekati Pemilihan Kepala Daerah 2020, Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas mempersiapkan rencana strategis untuk mensukseskannya.

Salah satunya adalah dengan melakukan tahapan dan rencana melakukan MoU bersama media yang bertugas di Anambas.

Untuk tahapan yang direncanakan Bawaslu Anambas yakni berawal dari sosialisasi dengan cara membuat sepanduk, poster dan stiker.

“Kita akan membuat spanduk di setiap desa, ini merupakan tahapan yang penting dan kita juga akan membuat poster dan stiker untuk sosialisiasi. Berdasarkan masukan dari organisasi,” ucap Liber Simaremare anggota Komisioner Bawaslu.

Ia berharap, dengan program tahapan yang direncanakan Bawaslu Anambas ini dapat mencegah pelanggaran yang tidak diinginkan.

“Jika terjadi pelanggaran akan kita tindaklanjuti. Kita juga berharap rekan media bisa membantu mensosialisasikan pencegahan pada tahapan-tahapan Pemilu nanti,” terang Liber.

Sebelumnya, Ketua Komisioner Bawaslu Yopi Susanto telah memaparkan kepada harianmemokepri.com, bahwa Bawaslu Anambas berencana melakukan MoU bersama media di Anambas. Dan peran aktif media sangat diperlukan dalam memberikan informasi kepada publik mengenai Pemilu dan Pilkada 2020.

“Sinergitas Bawaslu dengan awak media cetak maupun online sangat diperlukan, dikarenakan apa yang kami lakukan sebagai lembaga yang diberikan mandat dan amanah untuk mengawasi Pemilu dan Pilkada di Kabupaten Kepulauan Anambas,” paparnya.

Dikatakannya, peran media sangat besar dan sangat penting. Tidak semua masyarakat luar bisa mengetahui peristiwa yang terjadi tanpa campur tangan awak media.

“Sama-sama kita jaga pesta demokrasi di Kabupaten Kepulauan Anambas. Dengan lancar dan aman. Informasi yang diperlukan sama-sama kita sampaikan kepada masyarakat secara berimbang,” kata Yopi.

Sama halnya dengan Anggota Komisioner Bawaslu Anambas M Anwar Nasution mengatakan, media cetak maupun online bersama Bawaslu dapat mensosialisasikan Pilkada 2020. Ia menekankan, tanpa adanya media, masyarakat sulit mengakses informasi.

Anwar juga memberikan pemahaman tentang tugas Bawaslu. Yakni mengawasi pesta demokrasi, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dari tingkat desa maupun kecamatan.

Penulis | Pinni
Bp Batam 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.