Suhajar Diantoro Dilantik Tito Karnavian Sebagai Sekjend Kemendagri

Mendagri Tito Karnavian dalam berikan amanahnya
Mendagri Tito Karnavian dalam berikan amanahnya

Jakarta – Sekretaris Jendral Definitif Kementerian Dalam Negeri kini resmi di jabat oleh Suhajar Diantoro yang di lantik langsung oleh Muhammad Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Kamis (10/03 ).

Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30/TPA Tahun 2022.  Suhajar sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Sekjen Kemendagri menggantikan Muhammad Hudori yang wafat pada Minggu (24/10/2021) yang lalu.

Suhajar merupakan mantan rektor IPDN dan juga mantan Sekdaprov Kepri periode 2011 – 2013 ini menerima Surat Keputusan Mendagri sebagai Plt. Sekjen Kemendagri pada Selasa (26/10/2021).

Selain itu Mendagri juga melantik empat pejabat pimpinan tinggi madya lainnya di lingkungan Kemendagri. Pejabat yang dilantik itu, yaitu Agus Fatoni sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda), Eko Prasetyanto Purnomo Putro sebagai Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), Sugeng Hariyono yang menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), dan Teguh Setyabudi menjadi Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda).

BACA JUGA :  Pulau Ujung Beting Diduga Miliki Goa yang Belum Terjamah

“Saya Menteri Dalam Negeri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 30/TPA Tahun 2022 tanggal 4 Maret 2022 dengan ini saya resmi melantik Saudara-Saudara dalam jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Dalam Negeri. Saya percaya bahwa Saudara-Saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” kata Tito Karnavian dalam keterangan tertulisnya.

Dalam arahannya, Mendagri mengatakan pelantikan tersebut untuk mengisi kekosongan sejumlah kursi jabatan dengan pejabat definitif. Pejabat definitif itu dibutuhkan agar lebih firm, tegas, dan jelas dalam melaksanakan tugasnya. Pelantikan ini juga untuk memberikan kepastian sekaligus upaya kaderisasi dan regenerasi organisasi. Selain itu, kata Mendagri, langkah ini juga untuk menyegarkan lingkungan organisasi dan memacu lahirnya inovasi baru.

BACA JUGA :  Pemkab Lingga Dukung Penuh Inovasi Pendidikan

“Saya tentu berharap pada teman-teman yang diberi kepercayaan oleh Bapak Presiden, oleh Keppres beliau, tolong laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Mendagri.
Sebagai informasi, selain Suhajar, empat pejabat lainnya yang dilantik juga sempat menduduki sejumlah jabatan. Misalnya, Agus Fatoni sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh.) Dirjen Bina Keuda, dan Sugeng Hariyono sempat menjabat sebagai Plt. Dirjen Bina Bangda.

Sementara Eko Prasetyanto Purnomo Putro sebelumnya merupakan Plh. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Badan Litbang ini kemudian bertransformasi dan berubah nomenklatur menjadi BSKDN. Adapun Teguh Setyabudi sebelumnya adalah Kepala BPSDM Kemendagri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.