Subhanallah!!, Al Qur’an Tertua Ditemukan di Inggris

7

HarianMemoKepri.com, Internasional – Al qur an merupakan kitab suci agama islam, dan islam sendiri berasal dari timur tengah namun yang menjadi pertanyaan adalah mengapa al qur an yang tertua malah di temukan di inggris.

Melansir dari www.bbc.com, para ilmuwan telah meykini bahwa lembaran al qur an di birmingham, inggris, yang di tulis di atas kulit binatang memiliki kesamaan dengan manuskrip kuno yang di simpan di perpustakaan nasional prancis

Ilmuan yang mengungkapkan hal tersebut adalah francois deroche dan menjadi seseorang yang menemukan al quran pertama kali di birmingham.

Al Quran Tertua yang ditemukan di Inggris (dok.ist)

Deroche menerangkan bahwa al qur an yang berada di paris berasal dari masjid Amr bin Ash di kota fusfat, mesir yang merupakan kawasan kairo.

Sedangkan amr bin ash adalah sahabat rasulullah yang berjasa menyebarkan agama islam di mesir pada waktu itu. Namun beberapa pendapat mengatakn bahwa al qur an tersebut bisa sampai ke eropa pada masa abu bakar.

Al quran kuno bisa sampai ke eropa di sinyalir di bawa oleh asselin de cherville, yang merupakan wakil konsul prancis di mesir, dan pada waktu itu eropa di bawah kepemimpinan napoleon pada awal abad ke 19.

Di sinyalir juga de cherville ingin mencoba menjual al quran ke perpustakaan nasional inggis pada tahun 1820, dan alasanya pun tidak diketahui yang akhirny lembaran alquran tersebut di simpan di prancis.

Lantas, bagaimana bisa alquran kuno sampai ke birmingam inggris?

Masih menurut deroche, ketika awal abad ke 19, al quran yang berada dari masjid amr bin ash di fusfat telah di pindahkan ke perpustakaan nasional mesir, dalam proses pemindahan inilah banyak al qur an yang hilang. dan masuk ke pasar benda kuno di mesir.

BACA JUGA :  Jalin Silaturrahmi, Komunitas Roda Empat Gelar Kopdar

Dari situlah al quran kuno di perjual belikan akhirnya di beli oleh Alphonse Mingana dan sampai ke inggris tepatnya di birmingham.

Setelah beberapa kali berpindah tangan, beberapa lembar di antaranya dibeli oleh Alphonse Mingana pada 1920-an dan dibawa ke Birmingham.

Dan setelah di ijo karbon zat dalam lembaran tersebut al qur an berasal dari tahun 568 hingga 645 Masehi, tepat setelah 13 tahun Nabi Muhammad Wafat.

Al Quran yang berada di Birmingham sangat tak ternilai harganya. Keberadaanya di Birmingham, yang merupakan negara non muslim, mengirim pesan tentang saling toleransi antar umat beragama. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.