Beranda Berita Kepri Staff Khusus Wapres RI Hadir Dalam Acara Harlah dan Pelantikan Pengurus NU...

Staff Khusus Wapres RI Hadir Dalam Acara Harlah dan Pelantikan Pengurus NU Tanjungpinang 2020-2025

Harian Memo Kepri | Tanjungpinang — Pelantikan Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Tanjungpinang periode 2020-2025 disejalankan dengan Hari Lahir Nahdhatul Ulama ke 94 pada Minggu (09/02/20) Pagi, di Aula Masjid raya Nur illahi Dompak, Tanjungpinang, dihadiri Juru Bicara (Jubir) dan Staff Khusus Wapres RI KH. Masduki Baidlowi.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh Sekda Provinsi Kepri, Walikota Tanjungpinang, Lantamal IV, dan H. Ismeth Abdullah.

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) yang dibacakan oleh Katib PWNU Provinsi Kepulauan Riau Kyai Amiripana S. Sos M.I.kom.

Kyai Amiripana yang juga merupakan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhatul Ulama (STAI NU) membacakan SK dari PBNU bernomor 427/A. II. 04.d/01./2020 tentang pengesahan PCNU Kota Tanjungpinang masa khidmat 2020-2025 serta mencabut SK PBNU Nomor 423.a/A. II. 04.d/10/2017 tanggal 26 Muharram 1439 H/16 Oktober 2017 tentang pengesahan PCNU Kota Tanjungpinang antar waktu masa khidmat 2017-2019.

Dalam sambutannya Ketua PCNU Tanjungpinang Drs. H. Juramadi Esram M.T MH mengatakan bahwa NU didirikan dengan dua mandat besar, yaitu peran dan tanggungjawab keagamaan (Mas’uliyah Diniyah) serta peran tanggungjawab kebangsaan (Mas’uliyah Wathaniyah). NU bukan hanya terpanggil untuk mengurus masalah Ubudiyah, Fikrah Diniyah atau Harakah Islamiyah, tetapi juga masalah-masalah kebangsaan.

“Kita berada ditengah-tengah masyarakat bumi Melayu yang tradisi dan amaliyah itu dekat dengan NU dan sudah dilaksanakan secara turun temurun dari nenek moyang terdahulu, tetapi mereka tidak menyadari bahwa amaliyah tersebut bagian daripada tradisi orang-orang NU, yakni menganut faham Ahlusunnah Wal Jamaah. Dalam bidang akidah menganut mazhab Asy’ary dan Maturidi serta dalam bidang fiqh menganut faham Syafi’i. Juga saat ini NU bersama pihak TNI POLRI serta pemerintah memerangi berita hoax dan radikalisme melalui media sosial, karena dengan media sosial saat ini banyak dari kelompok tertentu mengatakan apa-apa serba bidah,” ucap Juramadi.

Hal senada juga disampaikan oleh Jubir dan Staff Khusus Wapres RI sekaligus Wakil Sekretaris Jenderal PBNU KH. Masduki Baidlowi dalam Mauidhah Hasanah mengatakan, PCNU Kota Tanjungpinang merupakan satuan organisasi NU di tingkat kabupaten/kota, pada Konferensi Cabang NU Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan tanggal 9 November 2019 lalu, terpilihlah ketua dan rais PCNU Tanjungpinang untuk masa khidmat 2020-2025, yakni H. Syamsul Bahri, S. Sos menjadi Rais Am dan Dr. H. Juramadi Esram M.T, M.H menjadi Ketua PCNU Kota Tanjungpinang,” ungkap Kyai Masduki.

Kyai Masduki menambahkan, bahwa saat ini tantangan kedepan lebih berat jika tidak bersama-sama menjalankan apa yang sudah diamanahkan kepada NU, yakni menjaga kesatuan dan toleransi yang ada di NKRI ini, serta sama-sama kita memerangi berita hoax dan radikalisme yang banyak beredar khususnya di media sosial.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd dalam sambutannya mengatakan, keberadaan PCNU di Kota Tanjungpinang ini tetap terus menjaga konsolidasi dan silaturahmi ditengah masyarakat, dan juga kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang, sehingga kesatuan dan persatuan serta kebersamaan ini tetap solid serta menjaga empat pilar bangsa Indonesia tetap terjaga.

“Kemudian Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kota Tanjungpinang ditengah masyarakat tidak boleh kalah dengan Pemuda Pancasila (PP) , karena GP Ansor adalah sebagai identitas Nahdhatul Ulama yang terus mengukir prestasi, terus melaksanakan program – program ditengah masyarakat,” ujarnya.

Penulis | Indrapriyadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BERITA TERBARU