Social Distance Pengaruhi Kalangan Bawah

Oleh : Tesa Prilia
Program Studi Administrasi Publik
Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Tanjungpinang

Seperti dikutip dari World Health Organization (WHO), virus Corona berasal dari Coronaviruses (CoV) yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV). Sedangkan untuk Novel Coronavirus (nCoV) adalah jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

Virus Corona merupakan zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Menurut penyelidikan yang telah dilakukan, SARS-CoV ditularkan dari kucing luwak atau yang lebih dikenal dengan musang ke manusia dan MERS-CoV dari unta ke manusia. Namun beberapa virus Corona juga dikenal beredar pada hewan-hewan yang sebelumnya belum pernah menginfeksi manusia.

Gejala klinis yang muncul beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa (batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis). Dan menular melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara.

Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (biasanya 1 meter). Droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet.

COVID-19 atau dapat disebut dengan virus corona ini sangat mudah menyebar dari orang ke orang dan memiliki dampak kematian untuk manusia sehingga virus ini sangat menjadi suatu kekhawatiran bagi negara-negara yang sudah terjangkit oleh virus ini.

Untuk itu ada berbagai kebijakan yang diambil untuk mengurangi terjangkitnya virus ini terhadap manusia, antara lain lockdown. Beberapa negara sudah menggunakan sistem karantina wilayah atau melockdown beberapa tempat yang sekiranya akan lebih besar persentase terjangkitnya virus ini.

Sistem lockdown akan berhasil jika wilayah disuatu tempat atau disuatu negara tersebut dapat dikontrol dengan baik, adanya kesiapan finance negara dan kesiapan tenaga keamanan cukup untuk dapat ditempatkan di berbagai wilayah di negara yang di lockdown tersebut.

Hal itu diperlukan karena jika suatu negara di lockdown maka yang dapat keluar dari tempat karantina tersebut hanyalah distribusi dan bahan pokok saja dan lockdown ini dapat mengakibatkan resiko penjarahan.

Pemerintah Indonesia lebih memilih social distance atau pembatasan sosial dikarenakan pemerintah harus mengambil kebijakan yang terarah dan penuh kehati-hatian yang mana kebijakan tersebut harus memperhatian keselamatan dan kehidupan masyarakat Indonesia.

Negara Indonesia telah menerapkan pembatasan sosial dengan melakukan pemberhentian kegiatan di lembaga pendidikan, perkantoran, atau kegiatan-kegitan yang berkaitan dengan berkumpulnya orang banyak. Namun sebenarnya, social distance sudah merupakan langkah awal cara pemerintah untuk me lockdown di Indonesia itu sendiri.

Lockdown merupakan keputusan yang tidak ideal atau tidak dapat dilakukan di Indonesia secara mendadak yang mana jika dipaksakan untuk dilakukan dapat mengakibatkan peningkatan angka kriminalitas, hal itu disebabkan Indonesia merupakan negara yang kesenjangan ekonominya masih sangat tinggi.

Di Indonesia sendiri masih terdapat sangat banyak masyarakat yang bekerja dengan upah harian seperti ojek, ojek online, warung kopi, warung makan dan sebagainya sehingga dengan adanya himbauan jaga jarak yang diserukan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19 berdampak secara langsung kepada pendapatan masyarakat upah harian khususnya untuk ojek online (ojol), hal itu disebabkan berkurangnya pengguna jasa mereka yang mempengaruhi pendapatan yang dihasilkan dibandingkan dengan sebelum wabah penyakit Covid-19 ini terjadi.

Walaupun adanya kenaikan jumlah pesan antar dan barang yang dilakukan pihak ojek online hal tersebut belum menutupi pendapatan yang berasal dari jasa antar penumpang hal itu disebabkan mayoritas atau lebih dari 50 persen pendapatan ojek online masih berasal dari layanan antar penumpang dan sisanya baru berasal dari gabungan jasa pengantaran makanan, barang dan jasa lainnya.

Keputusan lockdown di Indonesia harus difikirkan dengan lebih berhati-hati tanpa terburuburu agar krisis ekonomi tidak terjadi walaupun lockdown dapat meminimalkan angka terjangkitnya virus corona ini di Indonesia namun pada kenyataannya lockdown juga dapat menurunkan pendapatan masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu atau masyarakat dengan upah harian.

Dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan statistik negara yang dermawan dan Badan amal Inggris, Charities Aid Foundation (CAF) juga telah menobatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia tahun 2018 yang mana banyak masyarakat Indonesia yang menggalangkan donatur untuk membantu sesama.

Jika social distance atau pembatasan wilayah menimbulkan efek kesenjangan ekonomi untuk masyarakat kalangan bawah maka solusi yang dapat diberikan adalah pemerintah dapat menghimbau para influencer atau masyarakat dengan kondisi keuangan yang sangat cukup untuk bekerjasama dengan pemerintah dengan cara menggalangkan donasi yang dapat diberikan untuk membantu masyarakat kalangan bawah agar masyarakat digolongan tersebut dapat mengikuti instruksi dengan cara membatasi kegiatan diluar dan dapat beristirahat dirumah. (OPINI)

Bp Batam 2020

Related Articles

Segera Hadir, Wadah Para Gamers di Anambas

Harianmemokepri.com | Anambas — Game Online di Kabupaten Kepulauan Anambas kini kian marak dan meningkat, hal ini yang mendorong beberapa pemuda di Anambas melakukan...

Medco E&P Latih Penulisan Esai Lingkungan Hidup Bagi 60 Guru di Anambas

Harianmemokepri.com | Anambas — Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P) terus laksanakan program pengembangan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau di tengah...

Ratusan APK dan Ribuan BK, KPU Anambas Serahkan ke Paslon Kepala Daerah

Harianmemokepri.com | Anambas — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas serahkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) kepada ketiga Pasangan Calon...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bp Iiii

BERITA TERBARU

Segera Hadir, Wadah Para Gamers di Anambas

Harianmemokepri.com | Anambas — Game Online di Kabupaten Kepulauan Anambas kini kian marak dan meningkat, hal ini yang mendorong beberapa pemuda di Anambas melakukan...

Medco E&P Latih Penulisan Esai Lingkungan Hidup Bagi 60 Guru di Anambas

Harianmemokepri.com | Anambas — Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P) terus laksanakan program pengembangan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau di tengah...

Ratusan APK dan Ribuan BK, KPU Anambas Serahkan ke Paslon Kepala Daerah

Harianmemokepri.com | Anambas — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas serahkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) kepada ketiga Pasangan Calon...

Bawaslu Kepri Launching dan Peresmian Sekretariat Sentra Gakkumdu

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Riau melaunching sekaligus meresmikan Sekretariat Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Jln. Wr. Supratman Km...

Pjs Gubernur Kepri Tinjau Protokol Kesehatan bersama Walikota Tanjungpinang

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang - Pejabat Sementara Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Dr Drs Bahctiar Baharuddin Msi bersama Walikota Tanjungpinang serta Satgas Covid 19 meninjau penerapan...