Situs Tampilkan “Juliman Lagi Pusing”, Ini Penjelasan OLX Indonesia

1696
(dok.kompas.com)

HARIAN MEMO KEPRI, JAKARTA – Situs belanja online OLX Indonesia pada hari Jumat (23/12/2016) dikeluhkan tidak dapat diakses sama sekali. Terpantau, setidaknya peristiwa ini sudah berlangsung sekitar enam jam.

Saat diakses, OLX Indonesia yang beralamat di http://www.olx.co.id hanya menampilkan laman bertajuk “Juliman lagi pusing” yang berisi dua karakter pria dan wanita. Sang wanita mengatakan, “Tenang Juliman, sini aku perbaiki”  kepada pria yang terduduk di lantai.

screenshot OLX Indonesia sementara waktu tidak dapat diakses

CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa mengatakan penyebab hal ini adalah banyaknya pengguna yang mengakses layanan e-commerce OLX secara bersamaan. Sebagai solusi, perusahaan sedang menyesuaikan kapasitas server untuk bisa mengatasi bobot akses itu.

Belum diketahui kapan situs OLX akan kembali dapat diakses.

“Saat ini, antusiasme masyarakat terhadap tampilan baru OLX.co.id sangat tinggi. Hal ini membutuhkan sedikit penyesuaian pada server yang digunakan,” terang Daniel saat dihubungi media, Jumat (23/12/2016).

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Namun demikian, kami tetap mengapresiasi antusiasme masyarakat dan berusaha untuk terus meningkatkan performa sistem baru ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Kamis (22/12/2016) OLX Indonesia memang baru saja mengubah tampilan situsnya. Namun, sehari setelah mendapat wajah baru, situs belanja online ini justru tumbang.

Public Relation Manager OLX Indonesia, Amelia Virginia menambahkan, sebelum memajang tampilan baru, perusahaan memang sempat mengirimkan undangan ke pengguna dan “non-pengguna”. Menurutnya, hal ini turut berpengaruh meningkatkan jumlah pengakses hingga membuat situs down.

“Mereka pun mengakses secara bersamaan, dan ini menyebabkan server kami perlu menyesuaikan diri dengan kapasitas yang masuk,” terang Amelia.

Proses penyesuaian server ini kemungkinan akan berlangsung hingga awal 2017 atau sekitar satu pekan mendatang. Namun perusahaan pun berusaha agar pengguna bisa mulai mengakses kembali OLX Indonesia dalam waktu dekat.

BACA JUGA :  Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Tanjungpinang Siap Lakukan Pengamanan

“Kami berusaha agar awal tahun, kondisi server sudah pulih, sehingga tampilan baru siap diluncurkan secara resmi di asal tahun,” ujar Amel.

“Idealnya, dalam waktu dekat situs sudah pulih. Tetapi kami tetap harus memastikan kondisinya terus stabil. Jadi, ya, hingga awal tahun,” pungkasnya.

Sumber: kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.