Razia dan Geledah Ruang WBP, Rutan Klas I Tanjungpinang Klaim Tidak Ada Narkoba

Personil Rutan Klas I TPI bersama Personil Polsek Tanjungpinang Barat saat memperlihatkan hasil razia di ruang WBP (foto. HMK)

HarianMemoKepri.com, Tanjungpinang – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I Tanjungpinang mengklaim tidak ada menemukan barang yang dilarang seperti Narkotika saat menggelar razia dan penggeledahan di ruangan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin, (16/4/2018).

“ Untuk alat – alat narkotika tidak kita temukan, dan saya yakini bahwa WBP saat ini tidak berani untuk memasukkan barang tersebut,” jelas Karutan Klas I Tanjungpinang, Ronny Widiyatmoko, Bc.IP, SH melalui Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Klas I Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo, A.Md.IP, S.Sos, MA.

Terpantau dilokasi, kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Rutan maupun Lapas di Indonesia untuk menciptakan Rutan dan Lapas yanh bebas dari barang-barang terlarang seperti Telepon Genggam, Narkotika, Senjata Tajam, dan barang lainnya.

” Selain itu kegiatan ini juga bisa dijadikan antisipsi dalam gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan dan Lapas. Maka dari itu pimpinan memperintahkan UPT Pemasyarakatan khususnya Lapas dan Rutan untuk melaksanakan penggeledahan atau razia secara serentak,” ujarnya.

Diketahui juga, kegiatan tersebut turut dibantu oleh anggota Kepolisian setempat yakni dari Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjungpinang Barat. ” Dalam penggeledahan kita amankan diantaranya Korek api, sendok dan gunting kuku. Kita juga dibantu dari pihak anggota Polsek yang dikepalai oleh Kapolsek Tanjungpinang Barat, Iptu Fajruddin,” ucapnya.

Lanjutnya, diantara barang yang dilarang telah berhasil disita yakni Gunting Kuku yang banyak didapati di Blok Tahanan Wanita.

“Sedangkan Gunting Kuku rata – rata diamankan dari blok wanita, digunakan untuk melakukan aktifitas kerajinan tangan. Namun itu tetap kita amankan, sedangkan untuk sendok itu milik kantin Rutan dan juga tetap kita amankan. Korek Api yang sebenarnya diperbolehkan digunakan dalam Rutan, tapi tetap kita amankan barang tersebut,” katanya. (Red/Cr003)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.