Rapat Paripurna Teken MoU Rancangan KUA dan PPAS APBD Perubahan T.A 2020

POPULER HARI INI

Harianmemokepri.com | Anambas — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan Rapat Paripurna tentang Penandatanganan MoU Rancangan KUA dan PPAS APBD Perubahan Tahun Anggran 2020.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Hasnidar, mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020, tentang jadwal proses penyusunan perubahan APBD.

Kesepakatan rancangan KUA dan PPAS perubahan APBD tahun anggaran 2020 antara Kepala Daerah dan DPRD dilakukan paling lambat Minggu II Bulan Agustus.

“Akan tetapi pada hari ini kita sama – sama masih tetap perihatin karena dunia sedang berduka yang sebagian besar wilayah indonesia hampir dan bahkan sudah ada yang terinveksi covid 19,” ucap Hasnidar diaula lantai I Kantor DPRD Kabupaten Kepulaun Anambas, Tarempa Jalan iman Bonjol, Senin (07/09/2020). pagi

Secara totalitas berdampak langsung pada perkonomian negara, baik dipemerintahan pusat maupun pemerintah daerah, meskipun demikian dengan berbagai cara dan upaya pada setiap daerah melakukan langkah – langkah agar masyarakat terbebas dari covid 19.

“Sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat Anambas bersyukur karena sampai hari ini masih diberikan kesehatan dan masih dapat menjalankan aktifitas meskipun dengan segala keterbatasan. Mudah – mudahan kita dan seluruh keluarga senantiasa dalam lindungan Allah Swt,” pinta Hasnidar

Hasnidar mengaku, Nota kesepakatan rancangan KUA dan PPAS perubahan APBD tahun anggaran 2020, memang mengalami keterlambatan. “Akan tetapi mari kita sama – sama optimis rancangan Perda APBD perubahan tahun 2020 nantinya bisa kita selesaikan tepat waktu yaitu paling lambat akhir Bulan September 2020,” katanya.

Rapat paripurna hari ini adalah merupakan rangkaian awal tahapan dari proses penyusunan APBD, meskipun dalam pernyataan mengalami keterlambatan, kami yakin semua ini bisa diselesaikan bersama.

“Marilah kita bergegas untuk mengejar ketertinggalan dan membuka mata, bahwa kita yakin dan mampu menyelesaikan persoalan demi percepatan sebuah pembangunan. Sebab keberhasilan pelaksanaan pembangunan dapat diartikan kerja sama Eksekutif dan Legislatif, tentunya dukungan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas,” pungkasnya

Eksekutif dan Legislatif sepakat saling memberikan dukungan dan konstribusi sesui fungsi dan kewenagannya dalam tahapan pembangunan. Mulai proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian sampai tahapan evaluasi guna memastikan terlaksananya program dan kegiatan tepat sasaran.

Rancangan KUA – PPAS merupakan program proritas dan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada SKPD untuk setiap program dan kegiatan sebagai acuan dalam penyusunan RKA-SKPD, penentunya dapat dilakukan setelah memperhitungkan belanja pegawai proritas merupakan suatu upaya mengutamakan sesuatu dari pada yang lain dan proses dinamis dalam pembuatan keputusan yang saat ini dinilai paling penting prioritas – prioritas yang ada.

Hasnidar menjelaskan, sebelum rancangan KUA dan PPAS APBD perubahan tahun anggaran 2020 ditandatangani sebagai mana amanah peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi dan Kabupaten kota, pasal 16 ayat 6 kebijakan umum APBD dan prioritas plafon anggaran sementara yang telah mendapat persetujuan bersama ditanda tangani kepala daerah dan pimpinan DPRD dalam rapat paripuna.

Rancangan KUA dan PPAS, telah melalui tahapan proses pembahasan baik Banggar TAPD, tentunya sesui dengan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD. Badan anggaran telah melakukan konsultasi dengan Komisi – Komisi di DPRD terkait rancangan KUA dan PPAS tersebut, sehingga hari ini diperoleh asumsi pendapatan perubahan APBD anggran 2020, berjumlah Rp 911.428.887.945,00.

Selanjutnya, penandatangan MOU Nota kesepakatan bersama antara Kepala Daerah dan DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, sekaligus penyerahan rancangan KUA- PPAS APBD perubahan tahun Anggaran 2020.

Acara dihari, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wakil I dan II Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Sekretaris Daerah Kabuapten Kepulauan Anambas, OPD, Forkopimda, Camat Siantan serta Lurah Tarempa.

 


 



Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)Banner Pemko Tanjungpinang 2020

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img
spot_img