oleh

Rahma Resmikan Bank Sampah Hang Tuah Permai

Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang meresmikan Bank Sampah Hangtuah Permai ( BSHP ) di Pos Kamling Perum Hang Tuah Permai RT 006 RW 005 Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Minggu ( 21/02 ).

Tema yang diangkat yakni mengubah sampah menjadi rupiah dan berkah serta Tanjungpinang bersih bebas sampah.

Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Tanjungpinang, Plt Kadis DLH Tanjungpinang, Camat Tanjungpinang Timur, Lurah Pinang Kencana, Ketua Bank Sampah Hang Tuah Permai dan Nasabah Bank Sampah Perumahan Hang Tuah Permai.

Ketua Bank Sampah Hang Tuah Permai Nafsiyah mengatakan bank sampah berdiri sejak beberapa Minggu yang lalu di Gedung Serbaguna Hang Tuah Permai.

“Kita ketahui memang sampah itu sangat bernilai jadi kami mengajak untuk bersama-sama membawa sampahnya untuk dijadikan tabungan, kedepan kami akan melakukan sosialisasi kepada guru-guru agar disampaikan kepada anak didiknya untuk menghantarkan sampahnya kepada kami sehingga nanti akan dibuat tabungan yang bernilai rupiah,” ungkapnya.

Hj Rahma sedang menimbang sampah kertas ( Foto: Indrapriyadi/Harianmemokepri.com )
Hj Rahma sedang menimbang sampah kertas ( Foto: Indrapriyadi/Harianmemokepri.com )

“Kepada ketua RT RW kami mengharapkan kepada masyarakatnya setiap bulannya agar bisa dikelola sampahnya sehingga Tanjungpinang bisa bebas sampah dan tidak ada lagi sampah yang berserakan,” lanjut Nafsiyah.

Plt Kadis DLH Tanjungpinang Syamsudi S,sos menjelaskan bahwa sampah itu merupakan sesuatu yang bisa menghasilkan dan bermanfaat.

“Sampah itu merupakan sesuatu yang bisa menghasilkan karena pada tema hari ini merupakan hari sampah nasional, intinya kita harus peduli terhadap sampah serta dengan adanya bank sampah ini apabila ada yang bermanfaat maka juallah sampah tersebut kepada bank sampah,” terang Syamsudi.

Sementara itu Walikota Tanjungpinang Hj Rahma SIP sekaligus meresmikan Bank Sampah Hang Tuah Permai mengungkapkan sudah sekian kalinya Pemko Tanjungpinang meresmikan bank sampah salah satunya Peresmian Bank Sampah Hang Tuah Permai.

BACA JUGA :  Pemko Tanjungpinang Terima Hibah Kapal KM Banawa dari Kemenhub

“Ini merupakan edukasi yang luar biasa karena selain membantu menguraikan sampah juga bisa bernilai ekonomis, saya sudah melihat sendiri bahwa untuk harga jualnya cukup besar seperti kertas maupun kardus dihargai Rp 2.300, hal ini membantu kampung kita bersih dari sampah serta tidak ada lagi sampah yang berserakan,” ucap Rahma.

“Saya berharap kepada pengurus Bank Sampah Hang Tuah Permai yang diketuaiย  ibu Nafsiyah agar terus mensosialisasikan kepada masyarakat dan lingkungan bank sampah tersebut dan dapat dipertanggungjawabkan, ” terangnya.

Selain itu Rahma meminta kepada Lurah Pinang Kencana agar dibentuk Posko Covid 19 dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

“Saya menunggu dalam satu Minggu ini khususnya Perumahan Hang Tuah Permai wajib memiliki Posko Covid 19 yang perlu kita terapkan hingga level RT RW untuk menjadi garda terdepan dalam menangani Covid 19. Sebagaimana amanah PPKM No 03 Tahun 2021 ini menjadi penguatan dalam mengawal Protokol Kesehatan hingga ke basis mikro yang ada di level RT RW dan dikoordinir oleh lurah dan camat, ” pungkas Rahma.

Bp Batam 2020

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.