Beranda Berita Memo PLN Operasikan PLTD untuk Terangi Desa Sededap Natuna

PLN Operasikan PLTD untuk Terangi Desa Sededap Natuna

Harian memo Kepri | Natuna —PT PLN (Persero) mengoperasikan Pembangkit Listrik Bertenaga Diesel (PLTD) Sededap, yang terletak di Kecamatan Pulau Tiga Natuna. Pengoperasian ini untuk mendukung 100 persen pembangunan Desa berlistrik Kabupaten Natuna.

Direktur Bisnis Regional Sumatera (Dirregsum) PLN Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, PLTD ini dibangun mulai 2018 dan berhasil dioperasikan pertama kali pada Mei 2019. Dengan daya terpasang mesin pembangkit kapasitas 100 Kilo Watt (KW), daya mampu 85 KW dan beban puncak sebesar 67 KW.

“Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan pemerintah serta masyarakat setempat yang bahu-membahu sehingga pembangunan PLTD Sededap dapat berjalan dengan lancar,” kata Wiluyo, di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Untuk menyalurkan listrik ke rumah masyarakat PLN membentangkan sambungan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,3 Kilo meter sirkit (Kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3.65 kms dan total gardu terpasang daya 300 Kilo Volt Amper (KVA).

Dari PLTD tersebut kini listrik PLN sudah dapat dinikmati kurang lebih sebanyak 200 kepala keluarga di Desa Sededap dan Desa Teluk Labuh.

“Alhamdulillah, tantangan medan yang berat serta cuaca yang tidak menentu mulai dari pendistribusian material jaringan listrik hingga selesainya pekerjaan pembangunan pembangkit PLTD Sededap dapat kami lewati,” tutur Wiluyo.

Kepala Desa Sidadap Ya’kub menyampaikan dengan sudah masuknya PLN di Desa ini, harapannya potensi perekonomian masyarakat yang sebagian besar nelayan dapat mengoptimalkan PLN untuk hasil ikan yang didapat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

“Dengan masuknya PLN di tengah masyarakat menjadi semangat baru menggerakkan perekonomian dan semangat anak-anak dalam belajar, sehingga harapanya kedepan masyarakat Desa Sededap lebih meningkat kesejahteraannya,” tandasnya.

sumber | dok. | liputan6.com
 

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BERITA TERBARU