oleh

Pjs Gubernur Kepi Bersama Walikota Tanjungpinang Ziarah Makam Daeng Celak

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar bersama Walikota Tanjungpinang Hj Rahma berziarah ke Makam Daeng Marewa dan Daeng Celak di Sei Carang, Jumat (16/10).

Acara dihadiri oleh Kadis Pariwisata Surjadi MT, , Plt Camat Tanjungpinang Kota Raja Hafizah dan Lurah Kampung Bugis Rio Reinaldy S.STP.

Bahtiar mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan untuk memperbaiki dan memelihara makam keturunan raja-raja yang tak lain adalah makan orang tua dari raja-raja yang berada di Pulau Penyengat dan perlu dirawat.

“Makna penting bagi kita khususnya warga Kepri untuk mengingat sejarah, karena jika tak ada para raja yang dulu maka daerah ini pun tidak akan ada. Sekarang kita tinggal menikmatinya, untuk itu kita harus menjaga dan merawat serta memberikan perhatian khusus bagi makam-makam kerajaan ini,” ungkapnya.

Pjs Gubernur Provinsi Kepri Saat Tiba di Makam Daeng Celak ( Foto : Indrapriyadi / Harianmemokepri.com )
Pjs Gubernur Provinsi Kepri Saat Tiba di Makam Daeng Celak ( Foto : Indrapriyadi / Harianmemokepri.com )

“Di lokasi ini apabila ditata dan dikelola dengan baik maka ini bisa meningkatkan ekonomi daerah, lokasi ini merupakan cagar budaya yang harus kita rawat, Daeng Celak dan Daeng Marewa merupakan orang tua dari segala kerajaan di tiga negara Malaysia, Singapura, Dan Indonesia,” ujar Bahctiar.

Bahtiar juga mengatakan dengan perawatan yang baik daerah ini bisa dijadikan wisata regilius sehingga para pengunjung yang datang bisa dengan nyaman dan menjadi tempat wisata yang bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar.

“Seperti di Jakarta tempat – tempat bersejarah seperti makam-makam kerajaan itu dijaga serta dirawat dengan baik sehingga para pengunjung yang datang merasa nyaman. Dengan cara kita menjaga dan merawat itu suatu bentuk menghormati leluhur pemegang wilayah ini,” lanjut Bahctiar.

Rahma menyambut baik atas kunjungan Pjs Gubernur Kepri Bahtiar dan mengatakan apa yang diusulkan akan tindak lanjuti seperti penyediaan tempat yang nyaman bagi pengunjung dan menjadikan daerah ini menjadi tempat wisata regilius .

BACA JUGA :  HUT Sumpah Pemuda ke-92, Pemuda Anambas Gelar Webinar dan Lomba Baca Puisi Virtual 

“Kita akan menindaklanjuti usulan Pjs Gubernur Kepri dan segera mungkin akan kita bahas masalah ini kepada dinas terkait,” ujar Rahma.

Bp Batam 2020 dprd lingga 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.