Beranda Berita Memo 'Pesta' yang Berubah Jadi Ledakan Maut di Meksiko

‘Pesta’ yang Berubah Jadi Ledakan Maut di Meksiko

Kepri HMK, Internasional -- Suka cita masyarakat Tlahuelilpan, negara bagian Hidalgo, Meksiko berubah menjadi horor saat Jumat (18/1) malam pipa bahan bakar di Meksiko meledak dan 'membunuh' setidaknya 73 orang. Diduga pipa itu pecah dan akhirnya meledak akibat ulah pencuri bahan bakar.

Isaias Garcia ingat betul betapa orang-orang ramai menyerbu pipa yang bocor untuk mengisi bahan bakar kendaraan mereka. Saat itu mendapatkan bahan bakar di pom bensin memang sulit.

Namun tak lama kemudian, sang saksi mata yang berusia 50 tahun itu menceritakan, ratusan warga yang tengah menampung bahan bakar dari pipa bocor itu berhamburan ke segara arah. Ledakan terdengar, dan dalam sekejap menyambar pakaian serta melukai mereka.

"Beberapa orang berlarian, terbakar, dan menjerit," ujar Garcia seperti dikutip Reuters.

Wartawan lokal, Veronica Jimenez mennyampaikan hal serupa. Awalnya, ia yang tiba di tempat kejadian sebelum ledakan terjadi, melihat warga bak 'berpesta.' Ada lebih dari 300 orang membawa kontainer untuk mengumpulkan bahan bakar dari pipa yang bocor.

"Saya melihat keluarga, ada ibu, ayah, anak-anak. Kondisinya seperti pesta. Untuk sesaat kita bisa mendengar betapa bahagianya orang-orang yang datang," katanya kepada Reuters.

Seperti kata Garcia sebelumnya, keceriaan itu lenyap dalam sekejap. Orang-orang langsung berlarian ke arah berbeda, menangis dan memohon bantuan. Beberapa dari mereka terbakar.

"Mereka meneriakkan nama-nama suami, saudara lelaki mereka, anggota keluarga mereka."

Setelah ledakan usai, petugas forensik terlihat memasukkan sisa-sisa tubuh manusia yang hangus terbakar ke dalam kantong mayat. Ledakan itu menjadi insiden paling mematikan untuk kecelakaan infrastruktur minyak Meksiko dalam beberapa tahun terakhir.

Selain 73 orang meninggal, Gubernur Hidalgo Omar Fayad mengatakan masih ada 74 orang terluka akibat ledakan itu. Fayad menuturkan kondisi korban luka semakin memburuk lantaran sebagian besar tubuhnya terbakar. Ada pula beberapa korban yang merupakan anak di bawah umur akhirnya dipindahkan ke rumah sakit Galveston, Texas karena luka bakar yang parah.

BACA JUGA :  Kebelet Boker, Janda Buka CD nya di Semak-Semak. Kelihatan Ama Pengungsi Rohingya, Terus Diancam dan Di 'Genjot', Si Janda Lapor Polisi Deh

Jaksa Agung Hidalgo Raul Arroyo pun mengatakan, 54 mayat dalam kondisi terbakar sangat parah, sehingga mereka butuh waktu lama untuk identifikasi korban.

Lebih dari 100 orang berkumpul di pusat kebudayaan pada Sabtu sore waktu setempat. Mereka berharap mendapat informasi tentang keluarga yang hilang. Pejabat setempat terus menginformasikan hasil tes DNA untuk identifikasi dan daftar korban yang dibawa ke rumah sakit.

Presiden Meksiko Lopez Obrador memerintahkan untuk menutup pipa bahan bakar pada akhir Desember. Tindakan keras Obrador terhadap pencurian bahan bakar dilakukan untuk mengatasi korupsi di Meksiko. Ia juga ingin menghentikan kebocoran keran ilegal yang menyedot miliaran dolar dari perusahaan minyak negara yang dililit utang, Petroleos Mexicanos (Pemex).

Namun, kebijakan itu menyebabkan warga Meksiko Tengah, termasuk Hidalgo, kekurangan bahan bakar. Media lokal menyebut pada Minggu, lebih dari separuh pompa bensin tutup.

Kepala Eksekutif Pemex Octavio Romero mengungkapkan ada 10 keran bahan bakar ilegal di Hidalgo dalam tiga bulan terakhir saja. Namun demikian, baik Romero maupun Obrador tidak mengatakan kapan rencananya katup ke pipa itu akan ditutup.

Usai kejadian itu, Obrador berjanji akan memperketat keamanan di bagian infrastruktur minyak, terutama pipa pecah yang berlokasi tak jauh dari sebuah kilang minyak besar. (*)

Sumber : CNN Indonesia
Editor : Syf
logo - Single Cloud Template - Fast News
Banner Pemprov 696x147 - Single Cloud Template - Fast News
Banner Publikasi DPRD Provinsi Kepri Mei 2016 696x125 - Single Cloud Template - Fast News
IMG 20180309 WA0005 696x144 - Single Cloud Template - Fast News
bannerlingg2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerdprdlingga2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerpemkabanambas2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerdprdanambas2018 - Single Cloud Template - Fast News

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BERITA TERBARU

Wakili Dandim 0315/Bintan, Danramil 03/Binut Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Kadin Bintan

Kepri HMK, Bintan -- Danramil 03/Binut Kapten Arh TH Prabowo mewakili Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa menghadiri pelantikan dan pengukuhan...

Dampingi Pejabat Desa, Babinsa Ramil 03/0315 Bintan Ikut ke Sekolah Data Peserta STQ di Tembeling Tanjung

Kepri HMK, Bintan -- Babinsa Koramil 03/Binut Kodim 0315/Bintan mendampingi Pejabat Desa Tembeling Tanjung dalam pendataan Peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Desa Tembeling...

Terkait Lahan Prabowo, JK : Saya yang Kasih Supaya Tidak Jatuh ke Tangan Asing

Kepri HMK, Jakarta -- Wapres JK mengungkap data soal kepemilikan lahan Prabowo. Ia mengaku yang memberikan izin soal pembelian lahan itu saat masih menjadi...

Babinsa Ramil 01/0315 Bintan Hadiri Kegiatan Mini Lokakarya Lintas Sektoral Puskesmas Kecamatan Tanjungpinang Kota

Kepri HMK, Tanjungpinang -- Babinsa Koramil 01/0315 Bintan Sertu Auskarni menghadiri kegiatan Mini Lokakarya Lintas Sektor Puskesmas di Aula Kantor Kecamatan Tanjungpinang Kota pada...

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris Sholat Magrib Bersama Warga

Harian Memo Kepri, Anambas -- Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, S.H melakukan sholat Maghrib bersama warga di Masjid Darul Iman , Pesisir Timur, Kecamatan...
Slide1 - Single Cloud Template - Fast News

Nilai Tukar Mata Uang Asing Terupdate

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.050,1967
MYR
3.450,8693
SGD
10.393,3116
JPY
126,8464
CNY
2.089,4664
INR
197,1944
AUD
10.062,8089
EUR
15.939,9622