Peringati Harlah Pancasila, Jokowi Ingatkan untuk Selalu Perjuangkan Pancasila

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ( sumber Channel YouTube Sekretariat Presiden)
Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ( sumber Channel YouTube Sekretariat Presiden)

Nasional – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ), Rabu ( 01/06 ).

Dalam peringatan hari lahir Pancasila tersebut diikuti oleh seluruh kepala daerah se Indonesia melalui Video Conference dan disiarkan langsung channel YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelum melakukan upacara, Jokowi beserta ibu Iriana Joko Widodo terlebih dahulu mengunjungi situs rumah pengasingan Ir Soekarno yang merupakan situs cagar budaya nasional.

Dimana situs cagar budaya nasional rumah pengasingan bung Karno terletak di Provinsi NTT yang berasal pada masa kolonial Belanda milik Haji Abdullah Ambuwaru di bangun pada tahun 1927.

BACA JUGA :  Dengan Strategi Cyber Crawling, BC Batam Hentikan Peredaran Rokok Ilegal

Dalam amanat Upacara, Jokowi menyampaikan untuk membumikan Pancasila serta mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati hari lahir Pancasila di Kota Ende Provinsi NTT. Di kota yang bersejarah ini bung Karno proklamator kemerdekaan bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian di sahkan sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara. Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk membumikan Pancasila serta mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ungkap Jokowi.

Jokowi melanjutkan Pancasila bukan hanya mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan bangsa bahwa bangsa Indonesia bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila.

BACA JUGA :  Dipicu Masalah Utang, Remaja Dikeroyok dengan Pedang dan Palu

“Saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila kita wujudkan transistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan kita. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa. Inilah tugas utama kita serta tugas seluruh Komponen bangsa mejadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa bagi seluruh tumpah darah Indonesia,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.