oleh

Perdana Kapal Ro-Ro Tiba di Pelabuhan Terminal Matak, Pemkab Anambas Lakukan Tepung Tawar

Harian Memo Kepri | Anambas — Perdana Kapal Ro-Ro (KMP. Bahtera Nusantara 01) tiba di Pelabuhan Terminal Matak, Kecamatan Kute Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (16/07/2020) yang mulai beroperasi untuk penumpang kendaraan penyebrangan antar pulau.

Tiba pertama kalinya di Pelabuhan Terminal Matak, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan Tempung Tawar dengan tujuan untuk meminta keridhaan dari Allah SWT. agar dipermudahkan segala urusan dalam menggunakan fasilitas jasa transportasi penyeberangan KMP. Bahtera Nusantara 01 antar pulau ini.

Dalam hal ini, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah membuat terobosan untuk menghubungkan antara pulau-pulau dan Pulau Kalimantan dengan menyediakan ukuran kapal dengan ukuran panjang 71, 92 M dan lebarnya 14 M.

Mengenai itu, Pemkab Kepulauan Anambas diharapkan dengan adanya transportasi ini nantinya akan bisa mengembangkan roda perekonomian masyarakat di Pulau Matak khususnya, serta Kabupaten Kepulauan Anambas pada umumnya.

KMP. Bahtera Nusantara 01 (Ro-Ro Passangger Ferry)
KMP. Bahtera Nusantara 01 (Ro-Ro Passangger Ferry)

“Semoga mampu mendorong terciptanya lapangan kerja yang dapat menyerap SDM serta menumbuhkan perekonomian dan meningkatkan kekuatan dalam operasional di sektor transportasi pada pulau-pulau terluar,” ucap Bupati kepulauan Anambas, Abdul Haris SH dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Seksi Transportasi SDP Komersial dan Perintis BPJS Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, Riskan A.md LLAJ. SE mengatakan KMP. Bahtera Nusantara 01 ini merupakan aset dari negara yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan yang diserahkan kepada ASDP sebagai operatornya.

Ia juga mengatakan kehadiran Kapal tersebut dalam rangka mendukung perekonomian di Kepulauan Riau, “mudah-mudahan dengan beroperasinya armada kapal ini mampu memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan perekonomian antar pulau khususnya sebagai jembatan sarana pemerataan logistik sampai ke Provinsi Kalimantan Barat,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh General Manager PT. ASDP Ferry Cabang Batam, Arifuddm Ts, SE yang berharap dengan adanya KMP. Bahtera Nusantara 01 ini dapat menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Kepulauan Anambas, “khususnya dibidang pariwisata dan bidang lainnya bagi masyarakat Anambas,” ucapnya.

Bp Batam 2020
BACA JUGA :  Upacara HUT ke-12, Abdul Haris Ajak Bersama Gerak Persatuan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.