Pengurus MUI Kecamatan se-Kabupaten Bintan Dikukuhkan

Ketua MUI Kab Bintan H Ali Ahmadi Saat Mengukuh Pengurus yang Baru
Ketua MUI Kab Bintan H Ali Ahmadi Saat Mengukuh Pengurus yang Baru

Harian Memo Kepri | Bintan — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bintan H. Ali Ahmadi mengukuhkan 10 pengurus MUI Kecamatan se-Kabupaten Bintan masa khidmat 2020-2025, di Gedung Nasional Tanjunguban, Bintan Utara, Sabtu (11/7).

Pengukuhan dihadiri Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono, Kepala Kesbangpol Bintan Lukman, serta beberapa anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya.

Ali Ahmadi berpesan agar pengurus yang baru dikukuhkan bekerja dengan ikhlas dalam membina umat.

“Agar senantiasa mengajak dan memberi nasehat kebaikan, bekerjasama dengan Camat, Lurah, serta Kepala Desa bersama-sama mewujudkan cita-cita baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” pesan Ali Ahmadi.

Saat ini, lanjutnya, musibah Covid-19 tengah melanda dunia, hendaknya pengurus MUI dapat berperan dengan cara mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Mari bergandeng tangan meringankan beban masyarakat dalam suasana musibah Covid-19. Semoga musibah ini segera berlalu,” harapnya.

Kepala Kesbangpol Bintan M. Lukman menyampaikan selamat kepada pengurus MUI 10 Kecamatan yang baru saja dikukuhkan. Ia berharap pengurus MUI meningkatkan persatuan umat Islam, mempertebal cinta tanah air, dan meningkatkan keharmonisan dan toleransi dengan umat beragama lain.

“Ulama adalah pewaris para nabi. Tunjukkan bahwa umat Islam adalah khoiru ummah (umat terbaik), dengan menjadi contoh sebagai umat manusia yang bisa berdamai dengan manusia manapun, bahkan dengan alam semesta dan lingkungan,” kata Lukman.

Lukman juga mengajak supaya MUI mendukung program pemerintah dan gugus tugas Covid-19 agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, social distancing, dan rajin cuci tangan dengan sabun.

“Islam memerintahkan kita agar jangan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Mari para ulama berperan dalam pembinaan umat. Kita tunjukkan umat Islam adalah umat yang ramah, bersih dalam segala sektor kehidupan, termasuk juga bersih dari korupsi,” ajaknya.

Sekretaris MUI Bintan, Hanafi Yunus mengatakan, pengukuhan ini disejalankan dengan dauroh manhaj ijtihad, pelatihan istinbat hukum Islam.

“Setelah dikukuhkan mereka langsung mengikuti pelatihan manhaj ijtihad, bersama-sama dengan Komisi Fatwa MUI Kabupaten, serta utusan-utusan Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing kecamatan,” kata Hanafi.

Pada pengukuhan ini, diantara Ketua-ketua MUI Kecamatan yang dikukuhkan adalah Ahmad Nukhan untuk Bintan Utara, Silahudin Kecamatan Seri Kuala Lobam, Amrullah Teluk Sebong, Meydi Toapaya, Anwarul Muttahidin Teluk Bintan. Syamsir Bintan Timur, Latanggka Gunung Kijang, Sudirman Bintan Pesisir, M Isa Mantang, dan Chotimul Asom Tambelan.

Bp Batam 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.