Pemko Tanjungpinang Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2024 Mendatang

Pertemuan antara Walikota Tanjungpinang bersama Ketua KPU Kota Tanjungpinang
Pertemuan antara Walikota Tanjungpinang bersama Ketua KPU Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang, Rahma menerima kunjungan Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, di kantor walikota Tanjungpinang, Selasa (21/6).

Kedatangan mereka ke Pemko Tanjungpinang dalam rangka sosialisasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution yang datang bersama anggotanya didampingi Sekretaris KPUD Kota Tanjungpinang, Abdul Basyid.

Rahma menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan ketua dan anggota KPU ke Pemko Tanjungpinang. Dalam setiap tahapannya nanti, tentunya pemko siap mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024.

BACA JUGA :  Pemko Tanjungpinang Sertifikasi 200 Guru Sekolah Minggu

“Kita siap menyukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang agar berjalan dengan lancar, damai, dan aman,” ucap Rahma.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution menjelaskan tahapan pemilu serentak 2024 sudah dimulai 14 Juni 2022 kemarin. Di tahun ini, ada tiga tahapan besar yang akan dilaksanakan KPU.

Pertama pendaftaran dan pemuktahiran, serta verifikasi partai politik (parpol) sebagai peserta pemilu yang dimulai 29 Juli dan berakhir 13 Desember 2022. Pada 14 Desember 2022, KPU RI akan menetapkan parpol sebagai peserta pemilu.

BACA JUGA :  Pemko Tanjungpinang Tegaskan Pelaksanaan Ibadah Tetap Dilaksanakan di Rumah

Tahapan kedua, pada Oktober 2022 akan dilaksanakan penetapan jumlah kursi dan pendataan Daerah Pemilihan (dapil) kota Tanjungpinang.

“Tahapan ketiga itu, pembentukan badan Ad Hoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dimulai Oktober dan akan selesai di Januari, di lantik,” terang Aswin.

Ia berharap kepada semua pihak dapat menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang

“Harapan kita, semua pihak bisa mendukung proses pelaksanaan pemilu sehingga terlaksana dengan baik dan lancar. Tidak ada lagi hal-hal yang terjadi seperti 2019 lalu,” pungkas Aswin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.