Optimalkan Penerimaan Pajak Daerah, BP2RD Sosialisasi SPPT PBB-P2

img 20220510 wa0090 768x1087
Said Alvie Plt Kaban BP2RD Tanjungpinang

Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) melakukan sosialisasi penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) untuk tahun 2022 kepada ketua RT dan RW di empat Kecamatan se – Kota Tanjungpinang. Sosialisasi akan dilaksanakan mulai tanggal 10 s/d 17 Mei 2022 secara serentak di masing-masing Kelurahan.

Plt. Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tanjungpinang, Said Alvie mengatakan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada petugas yang dalam hal ini perangkat RT dan RW guna mengoptimalkan penerimaan pajak daerah, terutama PBB-P2.

“Sosialisasi ini kita disejalankan juga dengan pendistribusian SPPT PBB-P2. Kegiatan ini dilakukan serentak di 4 Kecamatan di masing-masing Kelurahan dengan menghadirkan RT dan RW, dimulai dari 10 sampai 17 Mei 2022,” jelas Said, Selasa (10/5).

Dalam sosialisasi ini, lanjut Alvie, adapun materi yang disampaikan oleh tim BP2RD kepada lurah adalah terkait teknis penyampaian SPPT PBB P2, selanjutnya diserahkan kepada RT dan RW, lalu RT mendistribusikan kepada warganya selaku wajib pajak.

“Tahun 2022, BP2RD telah mencetak SPPT PBB-P2 sebanyak 105.777 lembar yang akan diserahkan kepada masyarakat kota Tanjungpinang,” sebutnya.

Alvie menegaskan kepada masyarakat atau wajib pajak bahwa tahun ini, jatuh tempo pembayaran PBB-P2 pada tanggal 31 Juli 2022. Jangka waktu ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang jatuh temponya pada bulan September.

Dengan diberi jangka waktu minimal 31 Juli, masyarakat diharapkan dapat membayar pajak lebih awal, jadi tidak harus menunggu lama. Hal ini juga dalam rangka memperbaiki data yang tidak valid, jadi setelah jatuh tempo BP2RD akan melakukan perbaikan data untuk diterbitkan tahun berikutnya.

“Sekali lagi kami mohon, bila ada data PBB yang tidak valid, segera sampaikan ke kami.Tentunya, hal ini perlu dukungan dan support data dari RT dan RW, begitu juga masyarakat selaku wajib pajak itu sendiri. Karena BP2RD tidak bisa merubah data apabila tidak ada usulan dari masyarakat,” terang Alvie.

Terkait tempat pembayaran PBB-P2, ia mengatakan bisa dilakukan di kantor Cabang BTN dan Bank Riau Kepri, loket Bank yang ada di BP2RD. Selain itu, secara elektronik bisa melalui mobile banking, tokopedia, buka lapak, Otto banking Bank Riau Kepri serta bisa dengan QRIS Bank Riau Kepri.

Saat ini, BP2RD juga telah memilah SPPT PBB-P2 khusus untuk ASN, PTT dan OS di lingkungan pemko Tanjungpinang. Dan dalam waktu dekat ini juga akan didistribusikan surat pemberitahuan tersebut ke masing-masing OPD.

“Besar harapan kami, penyampaian SPPT PBB-P2 kepada masyarakat tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, sehingga penerimaan PBB-P2 dapat tercapai dari target yang telah ditentukan,” pungkasnya.

 166 Pengunjung

hijau dan putih profesional iklan promosi diskon ongkos kirim banner landscape (512 × 200 piksel)
whatsapp image 2022 04 29 at 12.49.43 whatsapp image 2022 04 30 at 15.19.45 (1) hari kebangkitan nasional 2022 (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.