“Om Telolet Om” Dikicaukan 1.800 Kali Per Menit Di Twitter

HARIAN MEMO KEPRI, TEKNOLOGI – “Om telolet om” sontak jadi perhatian dunia pada Rabu (21/12/2016) kemarin. Di Twitter, frasa tersebut sempat menduduki Trending Topic (TT) cakupan global alias Worldwide pada siang hari.

Tak kurang dari 1,2 juta kicauan tentang “om telolet om” dihimpun Twitter hanya dalam satu hari, yakni dari Selasa (20/12/2016) malam hingga Rabu (21/12/2016) malam. Informasi itu diumbar oleh situs analisa Twitter, Reverb.

Dihimpun media, Kamis (22/12/2016), ada 1.800 kicauan soal “om telolet om” per menitnya pada Rabu siang, mulai pukul 12.18 hingga 12.35 WIB. Angka itu merupakan peak atau grafik puncak di mana “om telolet om” paling getol dibahas pengguna Twitter.

Setelahnya, grafik kicauan “om telolet om” menunjukkan penurunan perlahan. Ada sedikit kenaikan pada pukul 18.29 WIB, tapi tak melampaui 1.800 kicauan per menit.

Ini membuktikan masyarakat internasional tertarik dengan fenomena anak-anak yang meminta sopir bus antar-kota antar-provinsi membunyikan klakson yang suaranya terdengar “telolet”.

Berkat selebritas dunia

Sebenarnya fenomena “om telolet om” sudah ramai dibicarakan netizen Indonesia sejak beberapa bulan lalu. Mulanya, video-video “om telolet om” ramai dibagikan di Facebook.

Pembahasannya lantas mendunia berkat Disc Jockey (DJ) kawakan, Snake dan Zedd. Snake melalui akun Twitter @djsnake berkicau “om telolet om” pada Selasa (20/12/2016) malam waktu Indonesia.

Penggemar DJ Snake dan Zedd di Indonesia pun menyambutnya dengan antusias. Mereka merespon kicauan Snake dan Zedd dengan beragam komentar, bahkan sampai meminta keduanya membuat lagu dance elektronik bertema “om telolet om”.

Kicauan DJ Snake sendiri diganjar sekitar 41.000 retweet dan 22.000 like. Beberapa menit kemudian, Zedd melalui akun @zedd menyusul dengan kicauan yang sama dan disambut 38.000-an retweet dan 21.000-an like.

Netizen global pun bertanya-tanya apa sebenarnya maksud “om telolet om”. Salah satunya musisi dan produser musik ternama Martin Garrix melalui @MartinGarrix. Kicauan yang menunjukkan rasa penasarannya kemudian mendapat 26.000-an retweet dan 20.000-an like.

Personal 5 Seconds of Summer, Michael Clafford; dan rapper Korea Selatan, BamBam, juga berkontribusi terhadap mewabahnya “om telolet om” di Twitter.

Alhasil, kicauan tentang “om telolet om” naik pada Selasa malam sekitar pukul 22.00 WIB. Ratusan kicauan per menit dihimpun Twitter kala itu.

Grafiknya menurun di tengah malam, lalu pelan-pelan naik pukul 04.00 WIB pada Rabu pagi. Kenaikan ini tak lepas dari ramainya netizen Indonesia membicarakan “om telolet om” yang dikicakan para selebritas dunia.

Para pelaku kreatif pun memodifikasi “om telolet om” sesuka hati. Ada yang membuat versi Star Wars, versi penjual es krim, versi pesawat, bahkan versi remix yang dijadikan musik dance elektronik.
Sumber: tekno.kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here