Beranda Berita Memo Nissan Leaf Bisa Dijadikan Genset Rumah

Nissan Leaf Bisa Dijadikan Genset Rumah

dok. kompas.com

Harian Memo Kepri | Otomotif — Tidak hanya datang sebagai kendaraan ramah lingkungan, Nissan Leaf rupanya memiliki kelebihan lain sebagi mobil listrik yang siap dipasarkan di Indonesia pada 2020 mendatang.

Kelebihan yang dimaksud adalah soal kemampuan Nissan Leaf untuk dijadikan sebagai genset semacam powerbank, sebagaisumber listrik cadangan saat daya di rumah mati.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi, mengatakan, ketika di Tokyo mengalami black out akibat angin topan, banyak pemilik rumah yang menjadi Leaf sebagai sumber listrik.

“Leaf ini bisa dijadikan sumber listrik cadangan untuk rumah seperti saat kemarin Tokyo dihantam angin topan dan black out.

Leaf dijadikan energi listrik cadangan di sana,” ucap Sekiguchi kepada wartawan dalam sesi media test drive Nissan Leaf di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat Senin (9/9/2019) lalu.

All New Nissan Leaf Menurut Sekiguchi, dalam kondisi baterai yang terisi penuh, Nissan Leaf mampu memberikan sumber energi listrik cadangan untuk rumah selama empai hari. Praktik ini telah dilakukan Nissan di Jepang pada 7.000 rumah yang terkoneksi dengan Leaf.

Tidak hanya itu, Nissan juga sudah berkomitmen dengan pemerintah di Jepang untuk menjadi Leaf sebagai mobil darurat ketika ada bencan alam dan listrik padam.

Untuk menjadikan Leaf sebagai genset di rumah, menurut Senior Manager Research and Development NMI Jauhari Adzannis, sebenarnya tidak terlalu sulit. Pasalnya Leaf memang sudah mengusung pengisan daya dua arah, disebut Vehicle to Home or Grid.

sumber | dok. | kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.