Misteri Kapal yang Dikutuk dan `Hilang` pada 1928 Akhirnya Terkuak

  • Whatsapp
Kapal The Manasoo Yang Pernah Disebut Hilang Karena Kutukan (Foto: Mirror.co.uk/dream.co.id)

Mistery HMK – Kapal Inggris yang dikenal sebagai The Manasoo menghilang di Danau Huron, Kanada, 1928. Meski beberapa kapal yang karam di danau itu bisa ditemukan, bangkai kapal itu dinyatakan tak pernah ditemukan.

Sebanyak 16 orang penumpang kapal The Manasoo dinyatakan tewas. Selama beberapa dekade, misteri keberadaan kapal itu seolah tak bisa dipecahkan.

Muat Lebih

Tapi baru-baru ini, sebuah petunjuk baru mengenai kapal The Manasoo mulai terungkap. Lokasi tenggelamnya kapal itu diduga berada dasar Danau Huron, Kanada. Bahkan, beberapa muatannya yang paling berharga masih ada di kapal.

Sejarawan maritim, Cris Kohl menceritakan jika banyak beredar informasi mengenai adanya kutukan yang sempat melatarbelakangi tenggelamnya kapal ini. Dia menyebut, ada takhayul yang dipegang di antara para pelaut saat mengubah nama kapal.

” Ada takhayul yang dipegang lama para pelaut bahwa jika seseorang mengubah nama kapal, orang itu atau kapal itu akan mengalami nasib buruk,” ujar Cris, dikutip dari Mirror, Selasa, 27 November 2018.

” Ketika pemilik baru memindahkan kapal ke Danau Huron dari Danau Ontario pada awal 1928, mereka mengubah nama menjadi Manasoo,” kata dia menambahkan.

Ditemukan di Kedalaman 60 Meter

Bangkai kapal The Manasoo (Foto: Mirror.co.uk/dream.co.id)

Di bawah nama barunya, kapal itu bertahan kurang dari satu tahun sebelum tenggelam tragis pada September 1928. The Manasoo terbukti menjadi contoh klasik dari kutukan penggantian nama kapal.

Cris bersama dengan pemburu kapal karam Ken Merryman dan Jerry Eliason menemukan bangkai kapal itu di kedalaman 60 meter dekat Pulau Griffith, Ontario.

The Manasoo, yang dibuat di Glasgow, Skotlandia pada 1888. Sebelum berganti menjadi The Manasoo, selama 39 tahun kapal itu bernama Macassa.

Kapal itu sempat mengalami periode awal yang sangat sukses di bawah nama dan pemilik barunya. Tapi, keberhasilan itu terhenti pada pukul 02.00, 14 September 1928. Kapal itu menghadapi badai hebat.

Tenggelam Karena Muatan Bergeser?

Bangkai kapal The Manasoo (Foto: Mirror.co.uk/dream.co.id)

Kapten John McKay, melihat kapal itu di buritannya. Dia menyadari ada sesuatu yang salah dan mencoba ke pulau di dekatnya. Tapi, Manasoo tenggelam sebelum mencapai pantai.

Penyebab tenggelamannya kapal itu tetap tidak dapat dijelaskan. Tetapi, dugaan yang muncul, kapal itu tenggelam karena muatan 116 ternak yang bergeser saat badai.

Tidak ada sisa manusia atau hewan yang ditemukan di dalam bangkai kapal itu. Tapi, mobil Chevrolet Coupe keluaran 1927 masih diparkir di atas kapal.

Mobil tersebut dimiliki peternak, Donald Wallace. Satu-satunya penumpang yang selamat dari tenggelamnya kapal.

Sumber : dream.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.