Mengapa Harus Khusyu dalam Shalat?

Ilustrasi sholat
ilustrasi (pinterest)

Harian Memo Kepri | Religi — Tulisan dengan tema shalat khusyu ini disarikan dari karya hujjatul Islam Imam Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumidiin dalam bab Kitabu Asraris Shalati yang mengupas berbagai  rahasia dan hikmah dalam shalat.

Mulai dari gerakan badan hingga kandungan nilai dalam bacaan shalat, yang jika dimengerti dengan benar akan menambah makna shalat itu sendiri.

Pada dasarnya shalat merupakan ibadah yang bertujuan mengingat Allah sebagaimana firman-Nya.

BACA JUGA :  Tahun Ini JCH Asal Tanjungpinang Sebanyak 93 Orang

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

Kerjakanlah shalat untuk mengingat-Ku (Thaha-14)

Mengapa harus selalu mengingat-Nya? karena melupakan-Nya adalah suatu kesalahan besar. Berbagai nikmat Allah yang tidak terhitung jumlahnya dan tidak ternilai harganya, mulai nikmat memandang, meraba, merasa, bernafas dan lain sebagainya, semua diperoleh dari-Nya secara cuma-cuma.

Bagaimana pantas melupakan-Nya, jika kehidupan ini bergantung sepenuhnya kepada-Nya? karena itulah Allah swt mengingatkan kita dengan firmannya

ولاتكن من الغافلين

Janganlah kamu termasuk orang-orang yang lupa (Al-A’raf 205)

Termasuk kategori lupa adalah melakukan shalat tanpa disertai kehadiran hati. Shalat yang kering, shalat yang hanya bertujuan menggugurkan kewajiban.

BACA JUGA :  PC GP Ansor Kota Tanjungpinang Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

Meskipun mulutnya terlihat sibuk, tetapi tak satu rakaat pun yang dimengerti. Malahan hatinya dipenuhi dengan masalah keduniawian. Yang terucap memang bacaan takbir, yang terdengar adalah bacaan tasbih tetapi yang diingat adalah barang dagangan, urusan bisnis, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.