Mbah Kusir, Dipercaya Sebagai Guru Tokoh Legenda Jombang Kebo Kicak

makam mbah kusir, di percaya sebaagai guru kebo kicak (foto : eliyas yahya)
makam mbah kusir, di percaya sebaagai guru kebo kicak (foto : eliyas yahya)

Mistery — Kabupaten Jombang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Dikarenakan banyaknya pondok pesantren, maka Jombang terkenal dengan sebutan kota santri.

Terlepas dari sebutan tersebut, siapa sangka jika nama Jombang pada Kabupaten Jombang memiliki kisah atau cerita rakyat yang menarik untuk kita ketahui.

Dilain kisah dalam laman web resmi Kabupaten Jombang dijelaskan bahwa Jombang  sudah terbentuk sejak dahulu, bahkan di zaman Mojopahit, berikut adalah penjelasan singkatnya :

BACA JUGA :  Profil Pablo Torre, Wonderkid Anyar Barcelona Titisan Andres Iniesta

“Menurut sejarah lama, konon dalam cerita rakyat mengatakan bahwa salah satu desa yaitu Desa Tunggorono daerah jombang, merupakan gapura keraton Majapahit bagian Barat, sedang letak gapura sebelah selatan di desa Ngrimbi, dimana sampai sekarang masih berdiri candinya,”

“Cerita rakyat ini dikuatkan dengan banyaknya nama-nama desa dengan awalan “Mojo” (Mojoagung, Mojotrisno, Mojolegi, Mojowangi, Mojowarno, Mojojejer, Mojodanu dan masih banyak lagi).”

Kalau bicara mengenai asal usul Kabupaten Jombang, Kebo Kicak Nama Mbah Kusir, atau biasa dipanggil Kiai Ageng Sumoyono adalah guru dari Kebo Kicak, makam beliau terletak di Dusun Sumoyono, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang.

BACA JUGA :  Rolak 70 Gude, Peninggalan Bersejarah Kolonial Belanda

Menurut kisah, Beliau adalah guru dari seorang pendekar terkenal, Kebo Kicak dan Surontanu, memiliki padepokan di Dusun Sumoyono.

Jombang memiliki banyak kisah, tentunya jika mempelajari Jombang, tak lepas dari Kebo Kicak, Surontanu dan Mbah Kusir guru 2 Legenda Jombang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.