Mau Ngeliput Kedatangan Kapolri di Batam, Kabid Propam Polda Usir Wartawan

HarianMemoKepei.com, Batam – Seorang petinggi Kepolisian Daerah (Polda) Kepri yang diketahui merupakan seorang Kabid Propam Polda Kepri, Kombespol Pamen Simanjuntak melarang sejumlah jurnalis untuk meliput kedatangan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian ke Batam, saat berada di ruang VIP Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Jumat, (09/2/2018).

“Kalian nggak usah meliput, kalian pergi dari sini jangan wawancara atau ambil foto,” ujar Kabid Propam Polda Kepri Kombes Pol Pamen Simanjuntak kepada beberapa wartawan di VIP Bandara Hang Nadim Batam.

Dilansir dari beberapa sumber, Saat hendak mengambil foto untuk mengabadikan kedatangan Kapolri di pintu luar  beberapa anggota Propam Polda Kepri menepis kamera handphone milik jurnalis batam News dan sempat terjadi adu mulut.

Sementara itu Agus Siswanto Siagian anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kepri mengecam keras atas aksi tindakan Kabid Propam Polda Kombes Pol Pamen Simanjuntak yang melakukan pengusiran jurnalis saat hendak meliput.

“IJTI merasa keberatan karena apa yang dilakukan Kabid Propam Polda Kepri usir wartawan sudah melakukan fungsi dan tugas  pers dan seorang jurnalis berhak untuk bertanya apa soal agenda  kedatangan Kapolri Ke Batam,” ujar Agus Siswanto Siagian.

Menurut Agus Siswanto Siagian, seorang jurnalis  wajar seorang insan pers bertanya soal kegiatan Kapolri Ke Batam mengingat sebagai pejabat publik.

Saat berita ini ditulis, pihak terkait masih belum memberikan konfirmasi jelas terkait pelarangan peliputan oleh jurnalis yang diketahui telah dilindungi Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. (Red)

 

 

more recommended stories