Beranda Berita Kepri Berita Batam Masyarakat Minati Elekronik Non SNI, Kadisperindag Kepri Katakan Akan Segera Buat Regulasi...

Masyarakat Minati Elekronik Non SNI, Kadisperindag Kepri Katakan Akan Segera Buat Regulasi Baru Terkait SNI

HarianMemoKepri.com, Batam - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mulai melirik mengenai adanya regulasi produk berlaber Standar Nasional Indonesia (SNI), yang diwajibkan oleh Pemerintah Pusat. Hal ini sendiri mengingat bahwa Batam, Bintan, dan Karimun masuk ke dalam zona perdagangan bebas, di mana masyarakat banyak produk tidak berlabel SNI, terutama untuk produk elektronik.

Dikutip dari Batamtoday, Keputusan ini sendiri muncul menyusul adanya keluhan para pedagang yang mengaku merugi karena banyaknya produk elektronik tanpa lisensi SNI yang masuk ke Batam dan ternyata digandrungi masyarakat.

"Ini merupakan upaya bagaimana caranya menata tata niaga di Kepri agar tetap kondusif terutama di dunia perdagangan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Pemprov Kepri, Burhanuddin di Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam, Jumat (9/3/2018).

Hasil pertemuan yang dilakukan Disperindag Provinsi Kepri dengan Kadin Batam, serta perwakilan BP Batam dan juga Bea Cukai Batam akan dilanjutkan guna mencari kemungkinan mewajibkan importir produk elektronik dalam mengurus SNI-nya sebelum memasarkannya.

"Setelah pertemuan pertama ini, kami akan mencari solusi dan meminta penjelasan dari pihak BP Batam dan Bea Cukai," lanjutnya.

Burhanuddin menambahkan, saat ini ada 700 importir yang terdata di BP Batam. Dia meminta agar BP Batam segera melakukan verifikasi bagi perusahaan-perusahaan yang memenuhi standar SNI dalam memasukkan barang impor ke wilayah Kepri.

Untuk satu produk elektronik memiliki banyak turunan yang beredar di pasaran. Rata-rata banyak yang tak punya SNI. "Seharusnya importir sudah lengkapi standarnya, sehingga bisa penuhi syarat untuk masuk ke Batam," ungkap Burhanuddin.

Di tempat yang sama, Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk mengatakan, sudah banyak keluhan yang diterima dari pedagang yang memasarkan produk-produk elektronik berlabel SNI. Mereka meminta agar Kadin Batam segera mencari solusinya mengatasi persoalan ini jangan sampai berlarut-larut.

BACA JUGA :  Polri Berduka, Lima Polisi Tewas Akibat Kerusuhan Dapat Gelar Anumerta, Ini Dia Nama-namanya

"Ini terkait dengan SNI barang elektronik yang banyak dikeluhkan pedagang," ungkapnya.

Jadi memahami memang tidak mudah untuk mengawasi jalur transit pemasukan barang yang tidak berlabel SNI ke Batam. Makanya cara lain ditempuh dengan merencakan pembuatan regulasi baru untuk melindungi pedagang yang mematuhi regulasi terkait SNI.

Ia menegaskan regulasi baru perlu segera diputuskan. Tujuannya adalah menjaga agar kondusifitas tata niaga di Batam tetap terjaga. (Red)

logo - Single Cloud Template - Fast News
Banner Pemprov 696x147 - Single Cloud Template - Fast News
Banner Publikasi DPRD Provinsi Kepri Mei 2016 696x125 - Single Cloud Template - Fast News
IMG 20180309 WA0005 696x144 - Single Cloud Template - Fast News
bannerlingg2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerdprdlingga2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerpemkabanambas2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerdprdanambas2018 - Single Cloud Template - Fast News

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BERITA TERBARU

Lanal Ranai Giat Bersih Pantai Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2019

Harian Memo Kepri, Natuna -- Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun (HPSN) Tahun 2019,  Lanal Ranai melaksanakan kegiatan bersih pantai, Kamis (21/01/19)Kegiatan dengan...

Koramil 03/0315 Bintan Karya Bakti Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019

Harian Memo Kepri, Bintan -- Koramil 03/Binut Kodim 0315/Bintan bekerjasama dengan Pemkab Bintan dan komponen masyarakat lainnya melaksanakan karya bakti bersama Pemda dan masyarakat,...

Meriahkan HPSN 2019, Koramil 02/0315 Bintan Antusias Gelar Ikut Gotong Royong

Harian Memo Kepri, Bintan -- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Koramil 02/Bintim Kodim 0315/Bintan dan Warga Kijang Kota menggelar kegiatan gotong royong, Kamis (21/2/2019).Dandim...

HPSN 2019, Koramil 01/0315 Bintan Ikut Bersihkan Sampah

Harian Memo Kepri, Tanjungpinang -- Guna menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Anggota Koramil 01/Tanjungpinang Kodim 0315/Bintan bersama warga Kota Tanjungpinang Ikut...

Bupati Anambas Abdul Haris Audiensi ke BNPP Terkait Bencana

Harian Memo Kepri, Anambas -- Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, S.H melakukan Audiensi bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, di Aula Pertemuan BNPP Jakarta,...
Slide1 - Single Cloud Template - Fast News

Nilai Tukar Mata Uang Asing Terupdate

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.070,9537
MYR
3.449,9446
SGD
10.401,3606
JPY
127,0801
CNY
2.094,0775
INR
197,6673
AUD
9.999,6089
EUR
15.948,6662