Masyarakat Kepri Belum Sepenuhnya Tercatat di Sensus Penduduk

  • Bagikan
Kantor BPS Provinsi Kepri Tampak dari Depan ( Foto :Indrapriyadi /Harianmemokepri.com )
Kantor BPS Provinsi Kepri Tampak dari Depan (Foto :Indrapriyadi /Harianmemokepri.com )

Harianmemokepri.com  | Tanjungpinang – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat masih ada sebanyak 78,15 persen masyarakat Kepri yang belum dilakukan Sensus Penduduk (SP).

Kepala BPS kepri, Agus Sudibyo mengatakan hanya 478,39 ribu penduduk Provinsi Kepri telah berpatisipasi dalam SP online atau 21,85 % dari total penduduk Kepri.

“Baru 21,85% penduduk Kepri yang sudah melalukan SP online periode 15 Februari sampai 29 Mei 2020,” kata Agus Sudibyo, Rabu (09/09).

Lanjut Agus, dari 21,85 % tersebut 12,3 ribu keluarga atau 17,99 % dari total keluarga di Kepri. Artinya, masih ada 78,15 % penduduk yang belum di SP online dan harus didata di bulan September 2020.

Sedangkan, penduduk yang sudah SP online akan dicek keberadaannya (de facto) oleh petugas sensus di September 2020.

“Kita udah mulai tahap pendataan tatap mulai sejak 1 September yang lalu dan ditargetkan 30 September selesai 100 %,” jelasnya.

Untuk itu, sebanyak 1428 petugas sensus penduduk dengan jumlah koordinator 136 orang tersebar Kab/Kota Provinsi Kepulan Riau.

Kemudian, ada 84 petugas task force yang bertugas mendata lembaga pemasyarakatan, barak militer, asrama, rumah detensi imigrasi dan lainnya.

“Jadi totalnya ada 1.648 petugas dilapang tersebar seluruh Kab/Kota di Kepri,” ucapnya.

Agus menambahkan, agar pengurus RT/RW berperan aktif mendampingi petugas sensus untuk melakukan pemeriksaan dan verifikasi terhadap keberadaan warganya yang sudah ada di daftar penduduk yang dibawa oleh petugas sensus.

Selain itu, masyarakat agar berperan aktif menerima petugas sensus dan memberikan jawaban yang benar, tentunya pada SP 2020 tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan APD seperti masker atau face shiel, hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.