Masyarakat Desa Linau Terima Bantuan Bibit Ikan Tawar

Warga Dusun ll Desa Linau menerima bantuan bibit ikan tawar
Warga Dusun ll Desa Linau menerima bantuan bibit ikan tawar

Lingga – Sebanyak 10 orang warga Dusun II Desa Linau mendapatkan pendampingan sekaligus bantuan bibit 2 ribu ekor Ikan Nila oleh Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, Kamis ( 19/05 ).

Hal tersebut sebagai bentuk inisiasi kegiatan perekonomian melalui kelompok budidaya ikan air tawar, serta dibentuknya cikal bakal realisasi Balai Benih Ikan ( BBI ) di Desa Kute Lingga.

Kabid Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Lingga Ramlan mengatakan, dibentuknya BBI ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan benih ikan yang diperlukan oleh warga masyarakat yang pada kesempatan hari ini, baru dapat kami sediakan dan kami serahkan yaitu bibit nila, dan bibit lele menyusul.

“Kita berharap dengan kondisi yang sudah termasuk umum juga di kabupaten lingga, bahwa kita dikategorikan dalam salah satu wilayah tinggi Stunting, maka mudah-mudahan jika ini bisa berkembang maka ini juga bisa menjadi konsumsi bagi masyarakat dalam kami mendukung program Stunting untuk di masyarakat,” jelas Ramlan.

BACA JUGA :  Lahan Bangunan SD 014 Lingga, Sah Dihibahkan Keluarga Ahli Waris

Pada kesempatan yang sama Supriyadi Ketua kelompok budidaya ikan air tawar ini menjelaskan, awal sebelum penyerahan bibit ikan ini, dilakukan diskusi kecil bersama beberapa warga Dusun ll Desa Linau, sebagai salah satu penunjang kebutuhan ekonomi dan pangan melalui kelompok.

“Harapan kedepan jika ini nanti berhasil, bantuannya akan lebih dari yang ada sekarang ini, karena untuk jumlah yang dua ribu jika dibagi dengan 10 orang maka masing-masing mendapatkan 200 ekor per orangnya, jadi dengan jumlah yang sebelumnya juga sudah kita ketahui maka kapasitas kolam pun kami sesuaikan dengan jumlah bibit yang akan diterima,” jelas Supriyadi.

Musdar Kepala Desa Linau, sangat mengapresiasi bentuk usaha ekonomi yang bersifat mandiri yang dilakukan oleh warganya, yang kedepan jika mampu berhasil sebagai uji coba, pemerintah desa akan ikut membantu melakukan pengajuan untuk dilakukan pengembangan.

BACA JUGA :  Danlanal Ranai Pimpin Upacara Pengukuhan Saka Bahari

Dirinya berharap, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui dinas terkait program perekonomian warga masyarakat, tidak pernah bosan serta terus mampu bekerjasama menciptakan kondisi kepedulian terhadap kebutuhan perekonomian warga dalam bentuk kegiatan apapun.

“Kami sangat bersyukur sekali ada salah satu kelompok dari warga kita yang berinisiatif membentuk sekaligus mengajak untuk peduli terhadap perkembangan kebutuhan ekonomi dan pangan, yang walaupun masih berskala kecil mudah-mudahan kedepan jika ini bisa berhasil, bukan tidak mungkin pemerintah desa juga akan fokus ke kegiatan budidaya seperti ini, khususnya ke kegiatan pengembangan ekonomi,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.