Masa Pandemi, Harga Jual Hasil Laut di Lingga Turun Drastis

  • Bagikan
Masa Pandemi, Harga Jual Hasil Laut di Lingga Turun Drastis
Ilustrasi Gonggong (Istimewa)

Harianmemokepri.com | Lingga — Masa Pandemi Corona (Covid-19) menjadi mimpi buruk bagi Masyarakat Nelayan di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Lingga, pasalnya harga jual hasil melaut kepada penampung turun drastis.

Hal tersebut saat ini berdampak diantaranya seperti harga jual Kepiting dan Gonggong yang merupakan ciri khas hasil para nelayan khususnya yang ada di Wilayah Pesisir Lingga Timur dan Lingga Utara.

Salah seorang Nelayan Kepiting bernama Zaenal yang juga merupakan penyelam gonggong di Desa Linau kepada awak media harianmemokepri.com mengatakan, harga jual kepiting yang sebelumnya membuat semangat para nelayan tangkap menggunakan bubu, pentor, serta jaring, saat ini mengeluh dikarenakan harga per kilonya tidak lagi mencukupi untuk sekedar membeli perbekalan saat melaut.

“Kepiting size A Rp 18 ribu sedangkan untuk size B dan C Rp 8 ribu dibanding harga sebelum Covid-19 size A Rp 32 ribu, B dan C hingga NS, harganya Rp 20 ribu, ini harga ditempat kami menjual, tidak tau kalau tempat lainnya,” jelas Zainal, Senin, (24/08/20).

Sementara itu, Ani salah satu Penampung Gonggong di Desa Linau juga mengeluhkan tentang peng eksporan gonggong yang ditampungnya tidak lagi mudah seperti di masa sebelum Pandemi Covid-19.

“Saya biasanya mengantarkan langsung ke toke yang ada di batam, kini kadang-kadang terpaksa harus menjualnya kepada penampung lain dikarenakan tak mencukupi biaya antar,” ucap Ani.

lanjut Ani, saat ini jumlah gonggong di toke-toke yang ada di Batam sedang mengalami penumpukan dikarenakan belum bisa dilakukan ekspor ke wilayah lain.

“Demi untuk menyelamatkan hasil dari Warga penyelam Gonggong di Linau, terpaksa belinya pun dengan harga yang tidak seperti sebelumnya,” ujarnya

Terpantau, Warga Masyarakat Kabupaten Lingga mayoritas adalah Nelayan, sangat membutuhkan jalan keluar untuk memperbaiki ekonomi di tengah masa Pandemi Covid-19.

Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)Banner Pemko Tanjungpinang 2020
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.