Markas Komando Wilayah Pertahanan I Bakal Mulai Dibangun tahun 2020 di Dompak

Harian Memo Kepri | Tanjungpinang – Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2020 akan dibangun Markas Komando Wilayah Pertahanan I (Makogabwilham) di Dompak dengan luas area 20 hektare.

Hal ini diungkapkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau langsung lokasi di Dompak.

“Tadi baru saja saya mendapatkan secara resmi hibah sebidang tanah dari Plt Gubernur Provinsi Kepri seluas 20 hektare dan rencananya setelah persyaratan tanah selesai pada awal tahun 2020 segera dibangun Markas Komando Wilayah Pertahanan I yang tepatnya di sini (Dompak-red ),” katanya.

Lanjut Panglima,”Saya sengaja meninjau langsung kira-kira gambarnya seperti apa dan segera akan ditindaklanjuti, tanah ini sangat strategis langsung menghadap ke laut dan di Tanjungpinang ini juga sangat tepat untuk di bangun Markas Komando,” ucapnya.

Dijelaskan Panglima, pada awal tahun 2004 ini sudah masuk dalam Rencana Strategis (Renstra). Akan tetapi hanya sebatas konsep, hingga teralisasi pada tahun 2019.

“Perlu saya jelaskan juga bahwa Makogabwilhan I ini memiliki posko, dan satuan-satuan yang sudah tergelar di wilayah I, contohnya Kodam dan Armada I. Untuk Makogabwilhan II ada di Balikpapan, dan Makogabwilhan III sementara di daerah Biak,” jelasnya.

Senada disampaikan oleh Plt Gubernur Provinsi Kepri yang diwakili Sekda Provinsi Kepri Ts Arief Fadillah mengatakan bahwa tim terpadu dan pemerintah Provinsi Kepri selaku penghibah sudah dilakukan pengukuran lahan di Tanjung Mandor, Pulau Dompak.

Dikatakannya, pengukuran telah dilakukan dan rencana total lahan yang akan dihibahkan 40 hektare, diantaranya 20 hektare di Tanjung Mandor dan 20 hektare di Senggarang.

“Pemprov Kepri hanya menyediakan lahan, penganggaran dan pembangunan tersebut dari pihak TNI yang mengurus serta mengaturnya,” tutup Arief.

Penulis | Indrapriyadi
Bp Batam 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.