oleh

Manfaat Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat dan Cara Menggunakannya

Harian memo kepri | KESEHATAN — Pisang adalah buah lezat dan kaya serat dengan nutrisi penting seperti kalium, dan antioksidan seperti vitamin C. Daging pisang kaya akan banyak nutrisi dan karbohidrat. Ini tinggi vitamin B6, B12, magnesium dan kalium. Kandungan gula adalah yang tertinggi ketika kulit pisang berubah menjadi hitam.

Saat makan pisang, kebanyakan orang membuang kulitnya. Padahal, kulit pisang pun masih dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan. Salah satu manfaat kulit pisang adalah sebagai perawatan jerawat.

Cara menggunakan kulit pisang untuk menyembuhkan jerawat juga cukup sederhana. Cukup mengusapkan kulit pisang atau menambahkannya sebagai bahan masker, jerawat akan teratasi dengan mudah. Gunakan kulit pisang segar untuk hasil terbaik.

Segera gunakan kulit pisang setelah mengonsumsi pisang. Simpan pisang di tempat yang sejuk dan kering dan jauhkan dari panas atau sinar matahari. Berikut manfaat kulit pisang untuk menyembuhkan jerawat dan cara menggunakannya.

Menurut Nutrition Source from Harvard’s T.H. Chan School of Public Health, kulit pisang memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Sebuah studi Februari 2015 dalam Journal of Ethnopharmacology mencatat bahwa kulit pisang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar atau iritasi kulit ringan.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan ekstrak kulit pisang memiliki sifat anti-inflamasi. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011, kulit pisang memiliki sejumlah senyawa bioaktif, seperti karotenoid dan polifenol. Sebuah tinjauan 2018 menunjukkan bahwa kulit pisang kaya akan fenolat, yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang kuat dan berhubungan dengan banyak manfaat kesehatan.

Kulit pisang dipenuhi dengan antioksidan seperti lutein yang membantu melindungi kulit terhadap faktor-faktor penyebab kerusakan seperti matahari. Mereka juga merupakan sumber berlimpah asam lemak teresterifikasi, yang membantu mengobati masalah seperti eksim dan psoriasis. Pisang juga merupakan sumber seng yang bagus, yang membantu memerangi jerawat.

sumber | dok. | liputan6sore.com
Bp Batam 2020 dprd lingga 2021
BACA JUGA :  Wakil Ketua I DPRD Batam Giat Komunikasi Sosial Kodim 0316 Batam

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.